RENI MULIANI EFENDI, 126205211057 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP MENGGUNAKAN APLIKASI IBISPAINT BERBASIS PLATFORM CARRD.CO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SD NEGERI 1 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dampak kemajuan teknologi di dunia pendidikan yakni penggunaan teknologi dalam media pembelajaran, yang membuat media pembelajaran semakin beragam. Sedangkan bagi peserta didik literasi sains menjadi salah satu kemampuan yang penting ditengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini. Realitanya literasi sains dikalangan siswa sekolah dasar masih tergolong kedalam kategori rendah. Pembelajaran sains yang disampaikan secara monoton oleh guru menjadi salah satu penyebab rendahnya literasi sains siswa. Kurangnya inovasi media pembelajaran oleh guru juga menjadi salah satu faktor yang meyebabkan hal tersebut. Pengembangan media komik strip ini dilakukan sebagai inovasi sehingga dapat mencapai tujuan dari pembelajaran. Tujuan spesifik dari penelitian pengebangan ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media komik strip menggunakan aplikasi IbisPaint berbasis platform carrd.co sebagai media pembelajaran, (2) Mengetahui keefektifan penggunaan media komik strip menggunakan aplikasi IbisPaint berbasis platform carrd.co untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungwaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan juga tes. Jenis data dalam penelitian ini ialah data kualitatif yang berasal dari saran, kritik, dan masukan dari ahli media, ahli materi dan peserta didik kelas V. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai angket validasi data, angket respon siswa, serta hasil pre-test dan post-test peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: 1) Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk mengembangkan komik strip menggunakan aplikasi IbisPaint dan platform Carrd.co. Penelitian ini didasari pada kebutuhan media pembelajaran yang inovatif. Desain dari media diawali dengan membuat storyboard lima judul komik strip dengan pensil dan kertas, setelah itu menggunakan aplikasi IbisPaint dan platform Carrd.co untuk mengembangkan desain dari media komik strip. Kemudian menyerahkannya pada validator, lalu diimpementasikan pada kelompok kecil dan kelompok besar untuk memastikan efektivitas komik strip. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa komik strip dengan materi perubahan kondisi alam layak digunakan di kelas V. 2) Media komik strip dikatakan efektif untuk meningkatkan litersi sains siswa berdasarkan uji keefektifan menggunakan hasil pre test dan post test didapatkan rata-rata nilai pre test sebesar 64,1 dan rata-rata nilai post test sebesar 79,4. Berdasarkan uji Paired T-Test menggunakan aplikasi SPSS for Windows diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 atau dengan hasil yang diperoleh yakni 0,000 < 0,05 maka hal tersebut menunjukkan bahwa media komik strip efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211057 RENI MULIANI EFENDI |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:40 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 01:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |