DINAR HIKMAH, 126407213112 (2025) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, AKSESIBILITAS, FASILITAS, DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA OBYEK WISATA PANTAI KARANGGONGSO DI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya obyek-obyek pariwisata yang sering kali muncul baik promosi maupun konten menarik pada media sosial. Adanya media sosial yang saat ini sering kali dimanfaatkan menjadi wadah untuk beriklan. Hal tersebut menjadi sangat efektif ketika mayoritas orang-orang mencari informasi seputar tempat wisata pada media sosial sebelum memutuskan berkunjung. Semakin viral obyek wisata tersebut pada media sosial, maka semakin banyak pula wisatawan yang memutuskan akan berkunjung ke obyek wisata tersebut. Penelitian mengangkat faktor yang mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan dalam suatu obyek wisata seperti electronic word of mouth, aksesibilitas, fasilitas, dan daya tarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengkaji pengaruh electronic word of mouth secara signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada obyek wisata Pantai Karanggongso Kabupaten Trenggalek 2) Untuk mengkaji pengaruh aksesibilitas secara signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada obyek wisata Pantai Karanggongso Kabupaten Trenggalek 3) Untuk mengkaji pengaruh fasilitas secara signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada obyek wisata Pantai Karanggongso Kabupaten Trenggalek 4) Untuk mengkaji pengaruh daya tarik secara signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada obyek wisata Pantai Karanggongso Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu non probability sampling dengan teknik quota sampling. Jumlah sampel apda penelitian ini adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner pada wisatawan Pantai Karanggongso Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear berganda dengan menggunakan media IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan electronic word of mouth, aksesibilitas, fasilitas, dan daya tarik secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung wisatawan Pantai Karanggongso. Secara parsial variabel electronic word of mouth, aksesibilitas, dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan Pantai Karanggongso. Sedangkan variabel daya tarik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan Pantai Karanggongso.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pariwisata > Obyek Wisata Pariwisata |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
Depositing User: | 126407213112 DINAR HIKMAH |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 00:55 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 00:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |