ACHMAD NURUZ ZAMAN, 126201213225 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM AL-UMMAH JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Islam Al-Ummah Jombang” ini ditulis oleh Achmad Nuruz Zaman, NIM 126201213225, dosen pembimbing Evy Ramadina, S.Pd. I, M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kompetensi Belajar, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa tantangan utama dalam dunia pendidikan saat ini adalah bagaimana menciptakan proses yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), metode konvensional sering kali belum mampu menjawab kebutuhan individual siswa, sehingga menghambat pencapaian kompetensi belajar yang optimal. Dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pembelajaran dirancang untuk mengakomodasi perbedaan karakteristik siswa dalam proses belajar, seperti minat, gaya belajar, dan kesiapan akademik. Fokus dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis proses untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Ummah Jombang ? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis konten untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Ummah Jombang ? (3) Bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis produk untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Ummah Jombang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi belajar siswa. Diferensiasi proses mendorong keaktifan dan pemahaman siswa melalui penyesuaian gaya belajar. Diferensiasi konten mempermudah siswa memahami materi sesuai kesiapan dan minat mereka, sementara diferensiasi produk memberikan ruang ekspresi yang beragam dalam menunjukkan pemahaman. Dengan demikian, pendekatan berdiferensiasi terbukti efektif dalam membangun lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan individual siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201213225 ACHMAD NURUZ ZAMAN |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:11 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |