WAHYUNING WIDYA LESTARI, 126207211047 and LUK-LUK NUR MUFIDAH, 197903192003122002 (2025) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) |
|
|
Text
BAB 1 .pdf Download (183kB) |
|
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Wahyuning Widya Lestari, NIM. 126207211047, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah. M.Pd.I Kata Kunci: Kepala Madrasah, Supervisor, Mutu Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran memiliki kontribusi yang signifikan sehingga terdapat banyak prestasi yang diperoleh MTsN 1 Tulungagung baik dari siswa maupun stakeholder. Mutu pembelajaran di madrasah sangat bergantung pada efektivitas supervisi. Sebagai supervisor, kepala MTsN 1 tulungagung bertugas merencanakan, mengadministrasikan terkait pengambilan keputusan dan mengembangkan kurikulum agar mutu pembelajaran meningkat. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 1 Tulungagung, dengan fokus pada tiga aspek utama: (1) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai perencana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 1 Tulungagung; (2) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 1 Tulungagung; (3) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai pengembang kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 1 Tulungagung. Metode Penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu menjelaskan kajiannya dengan menganalisis fakta secara sistematis dari obyek pembahasan yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Milles dan Huberman yang berisi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji reabilitas, dan uji obyektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepala MTsN 1 Tulungagung berperan sebagai perencana dengan merumuskan rencana strategis berbasis evaluasi diri, melibatkan stakeholder, dan melaksanakan supervisi terstruktur. (2) Sebagai administrator, kepala MTsN 1 Tulungagung memastikan koordinasi sesuai struktur organisasi, mengawal implementasi visi-misi melalui Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), dan mengambil keputusan berbasis data. (3) Sementara itu, sebagai pengembang kurikulum, kepala MTsN 1 Tulungagung menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa dan lingkungan, melibatkan stakeholder dalam pengembangan, serta melakukan evaluasi berkala terhadap modul ajar dan hasil belajar.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan > Mutu Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | 126207211047 WAHYUNING WIDYA LESTARI |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 01:51 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 01:51 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
