BINTAN NIKMATUN NAFIDAH, 126205211018 (2025) PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS III DI MI AL-MA'ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (705kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (564kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penanaman Sikap Sosial Melalui Mata Pelajaran PPKN Pada Siswa Kelas III Di MI Al-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Bintan Nikmatun Nafidah NIM. 126205211018, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Penanaman Sikap, Sosial, Mata Pelajaran PPKN. Konteks penelitian ini adalah mengenai pendidikan berperan sebagai sarana dalam pembangunan bangsa untuk menghasilkan masyarakat yang terdidik dan berkarakter. Salah satu langkah penting dalam menciptakan individu yang terdidik dan berkarakter adalah dengan menanamkan nilai-nilai sikap sosial kepada peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah. Banyak siswa yang masih terpengaruh oleh lingkungan sekitar yang kurang mendukung pengembangan sikap sosial. Oleh karena itu, strategi yang tepat perlu diterapkan untuk memastikan bahwa nilai-nilai sosial tersebut dapat diinternalisasi dengan baik oleh siswa. MI Al Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung merupakan lembaga yang cukup populer di kalangan masyarakat. Oleh karena itu peneliti akan mendeskripsikan lebih lanjut mengenai penanaman sikap sosial melalui mata pelajaran PPKN. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam penanaman sikap sosial gotong royong melalui mata pelajaran PPKN pada Siswa Kelas III di MI Al-Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam penanaman sikap sosial peduli melalui mata pelajaran PPKN pada Siswa Kelas III di MI Al-Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam penanaman sikap sosial santun melalui mata pelajaran PPKN pada Siswa Kelas III di MI Al-Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penanaman sikap sosial gotong royong dilakukan dengan memberi contoh atau tauladan dan dengan mengaitkan materi PPKN dalam kehidupan sehari-hari seperti membersihkan kelas, kerja kelompok. (2) Penanaman Sikap Sosial Peduli melalui Mata Pelajaran PPKN pada Siswa Kelas III di MI Al-Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung dengan pembiasaan berbagi seperti bersedekah kepada teman yang yatim piatu atau yang kurang mampu, bagi takjil, program infak setiap hari jumat, bakti sosial. (3) Penanaman Sikap Sosial Santun melalui Mata Pelajaran PPKN pada Siswa Kelas III di MI Al-Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung dengan 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211018 BINTAN NIKMATUN NAFIDAH |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:40 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |