PUTRI EKA RIZKIANI, 126405212139 (2025) STRATEGI DIGITAL MARKETING MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA UMKM SEBLAK NYENYENYE. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (892kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul Strategi Digital Marketing Melalui Sosial Media Instagram Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada UMKM Seblak Nyenyenye di Desa Sobontoro Kecamatan Boyolangu ini ditulis oleh Putri Eka Rizkiani, dibawah bimbingan Rizal Furqan Ramadhan, S.Kom., M.T. Kata kunci: Digital marketing, Instagram, UMKM, Omset Penjualan, Seblak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, yang menyebutkan bahwa usaha mikro memiliki omzet maksimal sebesar Rp2 miliar. Salah satu contoh usaha mikro di Tulungagung adalah Seblak Nyenyenye, yang berdiri pada bulan Mei 2023. Meskipun tergolong sebagai usaha yang baru dirintis, Seblak Nyenyenye menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan ini didorong oleh penerapan strategi digital marketing melalui media sosial Instagram, yang menjadi sarana promosi utama dalam menjangkau konsumen secara lebih luas dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi digital marketing yang dilakukan oleh UMKM Seblak Nyenyenye dalam meningkatkan omset penjualan melalui media sosial Instagram. (2) Untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dialami oleh UMKM Seblak Nyenyenye dalam melakukan strategi digital marketing melalui media sosial Instagram. (3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh UMKM Seblak Nyenyenye untuk mengatasi permasalahan dalam strategi digital marketing melalui sosial media Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada 10 narasumber yang terkait langsung dengan aktivitas pemasaran usaha, serta melalui observasi langsung terhadap aktivitas akun Instagram @seblak_nyenyenye. Untuk memastikan kredibilitas data, peneliti menerapkan teknik triangulasi, memperpanjang kehadiran di lapangan, meningkatkan ketekunan dalam pengamatan, melakukan diskusi dengan sejawat, dan meminta konfirmasi dari informan. Validitas data ditunjang dengan uji dependabilitas dan konfirmabilitas yang dilakukan oleh dosen pembimbing sebagai auditor independen. Berdasarkan hasil penelitian, UMKM Seblak Nyenyenye yang berlokasi di Desa Sobontoro telah menerapkan strategi digital marketing yang efektif melalui media sosial Instagram, disertai penerapan bauran pemasaran (7P) yang mencakup aspek produk, harga, lokasi, promosi, sumber daya manusia, proses, serta bukti fisik. Penerapan strategi ini terbukti mampu meningkatkan keterlibatan (engagement) dan jangkauan audiens, yang secara langsung berdampak positif terhadap peningkatan omset penjualan bulanan, dengan total kenaikan kumulatif sebesar 27% selama periode Januari hingga Desember 2024.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405212139 PUTRI EKA RIZKIANI |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:36 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |