PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

SAYYIDATURROHMAH, 126204213210 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) Terhadap Kemampuan Representasi dan Berpikir Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Sayyidaturrohmah, NIM. 126204213210, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Diskursus Multy Reprecentacy (DMR), Kemampuan Representasi, Kemampuan Berpikir matematis Rendahnya kemampuan representasi dan berpikir matematis siswa di SMPN 3 Kedungwaru disebabkan oleh kesulitan dalam memodelkan, menafsirkan, dan menyelesaikan masalah matematika secara sistematis. Untuk mengatasinya, guru dapat menggunakan model pembelajaran DMR guna meningkatkan kemampuan tersebut dan mencapai pembelajaran yang optimal. Model pembelajaran Diskursus Multy Representasi (DMR) adalah pendekatan yang melibatkan berbagai bentuk representasi (verbal, visual, dan simbolik). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui terdapatnya pengaruh model pembelajaran diskursus multy reprecentacy (DMR) terhadap kemampuan representasi siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru pada materi Bangun Datar. 2) Mengetahui terdapatnya pengaruh model pembelajaran diskursus multy reprecentacy (DMR) terhadap kemampuan berpikir matematis siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru pada materi Bangun Datar. 3) Mengetahui terdapatnya pengaruh model pembelajaran diskursus multy reprecentacy (DMR) terhadap kemampuan representasi dan berpikir matematis siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru pada materi Bangun Datar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitiannya adalah non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru sejumlah 176 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposive dan sampel penelitiannya adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 30 dan 29 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah : tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga yaitu : 1) uji instrumen ( validitas dan reliabilitas), 2) uji prasyarat ( normalitas dan homogenitas), 3) uji hipotesis ( mann-whitney dan kruskal-wallis). Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Ada pengaruh pengaruh penerapan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy (DMR) terhadap kemampuan representasi siswa, dengan hasil uji mann-whitney diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh pengaruh penerapan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy (DMR) terhadap kemampuan berpikir matematis siswa, dengan hasil uji mann-whitney diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh pengaruh penerapan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy (DMR) terhadap kemampuan representasi dan berpikir matematis siswa, dengan hasil uji kruskal-wallis diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213210 SAYYIDATURROHMAH
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:20
Last Modified: 04 Aug 2025 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60289

Actions (login required)

View Item View Item