STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MI IRSYADUT THOLIBIN TUGU REJOTANGAN TULUNGAGUNG

TRESYA MAY FAYANTI, 2817133192 (2017) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MI IRSYADUT THOLIBIN TUGU REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta didik pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung “ ini ditulis oleh Tresya May Fayanti, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM: 2817133192 Tahun 2017 dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Strategi, Kesulitan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Setiap guru senantiasa mengharapkan agar peserta didik dapat mencapai hasil belajar secara maksimal baik dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Namun pada kenyataannya masih sering terjadi kesulitan belajar dalam setiap mata pelajaran walaupun sifatnya berbeda, ada yang ringan dan berat, permanen dan tidak permanen. Apalagi dalam mata pelajaran SKI sebab mata pelajaran ini adalah mata pelajaran sejarah yang menceritakan kejadian-kejadian di masa lampau sehingga sering terjadi dalam kesulitan belajar. Untuk itu guru perlu melakukan strategi dalam rangka mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Apa Jenis kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung ? 2) Faktor apa yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung ? 3) Apa Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui jenis kesulitan belajar ,faktor apa yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar dan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa, sedangkan sumber data sekunder yaitu dengan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam digunakan untuk mencari data sedetail-detailnya dengan cara melakukan dialog secara terstruktur. Observasi digunakan untuk mencari data dengan cara melihat secara langsung yang terjadi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan mengambil gambar keadaan sebenarnya yang terjadi. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data atau display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjuukan bahwa : (1) Jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu menghafal nama-nama tokoh tahun dan tempat bersejarah, jenuh karena materi yang terlalu banyak dan metode guru yang digunakan membosankan, kurang konsentrasi karena waktu pembelajaran. (2) Faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu Faktor intern yang ada pada diri peserta didik itu sendiri yang meliputi kesiapan belajar dan faktorn ekstern yang meliputi pengaruh teman sehingga peserta didik yang lain tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik serta alat media atau pun metode yang digunakan guru kurang mendukung. (3) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan menggunakan metode yang bervariasi, mengadakan ulangan/perbaikan, penguasaan materi sebelum masuk kelas dan pemberian motivasi secara langsung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133192 TRESYA MAY FAYANTI
Date Deposited: 13 Sep 2017 06:58
Last Modified: 13 Sep 2017 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item