NAZILA SATIVA, 126208211029 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN HEYZINE FLIPBOOK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbantuan Heyzine Flipbook Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung”, ditulis oleh Nazila Sativa, NIM 126208211029, Jurusan Ilmu Keguruan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Bapak Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci : E-modul, Hasil Belajar, Heyzine Flipbook, Motivasi Belajar, Sistem Ekskresi. Penelitian ini dilatarbelakangi karena keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran di sekolah yang masih bergantung pada media cetak seperti LKS dan buku BSE. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru biologi, diketahui siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem ekskresi karena keterbatasan media visual serta kurangnya variasi media pembelajaran yang disediakan sekolah. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang terbukti masih di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan e-modul berbantuan Heyzine Flipbook yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan E-modul pembelajaran berbantuan Heyzine Flipbook Materi Sistem Ekskresi (2) Untuk mendeskripsikan kevalidan E-modul pembelajaran berbantuan Heyzine Flipbook pada Materi Sistem Ekskresi (3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan E-modul pembelajaran berbantuan Heyzine Flipbook pada Materi Sistem Ekskresi (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan E-modul pembelajaran berbantuan Heyzine Flipbook pada Materi Sistem Ekskresi dalam meningkatkan Hasil dan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Metode penelitian yang diterapkan adalah Quasi Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design untuk mengukur efektivitas produk. Subjek uji coba produk meliputi ahli materi, ahli media, guru biologi, serta siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI dengan pembagian kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen pengumpulan data berbantuan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test, dan Keempat uji multivariat (Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root) Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pengembangan E-modul pembelajaran berbantuan Heyzine Flipbook dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analisis dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru serta penyebaran angket kepada siswa untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran. Desain E-modul dirancang menggunakan aplikasi Canva Premium yang kemudian diunggah ke platform Heyzine, sehingga menghasilkan flipbook digital yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan capaian kurikulum Merdeka. (2) Berdasarkan hasil validasi, Kevalidan E-modul diperoleh melalui proses validasi oleh ahli media, ahli materi, dan guru biologi. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk memperoleh skor 80% dari ahli media dengan kategori "Valid", 98,8% dari ahli materi dengan kategori "Sangat Valid", dan 93,8% dari guru biologi juga dalam kategori "Sangat Valid". Hal ini membuktikan bahwa E-modul yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan isi, desain, dan penyajian materi. (3) Kepraktisan E-modul diuji melalui angket kepada siswa setelah digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari angket menunjukkan skor rata-rata sebesar 78,31% yang termasuk dalam kategori "Praktis". Artinya, E-modul ini mudah digunakan oleh siswa, dapat diakses secara fleksibel, dan mendukung pembelajaran mandiri dengan baik. (4) Keefektifan e-modul ini terbukti dari hasil uji statistik yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil dan motivasi belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan e-modul dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (86,13) jauh lebih tinggi daripada kelas kontrol (61,13), dan hasil uji MANOVA menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil dan motivasi belajar siswa (nilai signifikansi 0,000). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran berbantuan Heyzine Flipbook ini merupakan media pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran biologi, khususnya pada materi sistem ekskresi, karena mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, sehingga dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa secara signifikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208211029 NAZILA SATIVA |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:58 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |