MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DEVI SUTRAWATI, 2817133028 (2017) MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Motivasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Devi Sutrawati, NIM. 2817133028, Pembimbing Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I Kata kunci : Motivasi siswa, kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita yang menunjukkan bahwa motivasi yang ada di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung terdapat dua faktor yaitu faktor instrinsik dan ekstrinsik. Motivasi merupakan faktor pendukung dalam melakukan semua hal. Tanpa adanya motivasi baik dari diri sendiri atau lingkungan luar maka apapun yang dilakukan tidak maksimal. Seperti halnya jika belajar tetapi tidak ada motivasi ingin lebih baik dan lebih dari yang lain maka kegiatan belajar yang kita lakukan hanya sebagai pelengkap daripada tidak melakukannya. Berbeda dengan adanya dorongan atau motivasi yang kuat untuk mencapai suatu tujuan, maka demi mendapatkan yang kita mau kita akan lebih giat untuk belajar. Maka dari situlah peran motivasi yang ada dan mampu mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku kita. Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Apa faktor-faktor yang memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana peran motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? 3) Apa saja kendala dalam memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Memaparkan faktor-faktor yang memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung 2) Memaparkan peranan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung 3) Memaparkan kendala dalam memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempl Tulungagung dijadikan sebagai bahan dasar kebijakan dalam upaya meningkatkan program kegiatan yang ada dalam menumbuhkan motivasi siswa, bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian lain khususnya tentang motivasi dan kepramukaan, bagi perpustakaan IAIN Tulungagung sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar dan bacaan mahasiswa lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa observasi, dokumentasi serta wawancara. Analisis data digunakan analisis deskriptif dengan menggunakan metode triangulasi data yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrkurikuler pramuka karena keinginan dari siswa itu sendiri, juga adanya dorongan dari luar seperti permintaan orangrua, dan dari pihak sekolah mewajibkan kegiatan pramuka ini sebagai ekstra wajib yang harus diikiuti oleh seluruh siswa 2) Motivasi yang ada juga berperan dalam diri anak untuk mampu beradaptasi dengan teman sebaya dalam kegiatan kepramukaan ini, selain itu motivasi dapat berperan sebgai sarana untuk memahami perilaku dan tindakan seseorang 3) Hambatan-hambatan yang mengurangi motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurukuler pramuka yaitu seperti kurangnya tenaga pembina, sulit dilakukan saat diluar jam atau hari efektif, tidak mengurangi semangat anak untuk mengikuti kegiatan ektrakurikuler pramuka, bahkan dari beberapa anak mampu bersaing pada ajang perlombaan kepramukaan di tingkat kecematan ataupun di tingkat nasional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133028 DEVI SUTRAWATI
Date Deposited: 14 Sep 2017 04:06
Last Modified: 14 Sep 2017 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6038

Actions (login required)

View Item View Item