STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS (MPR) RADIO MADU FM DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI MELALUI ALUMNI SANTRI MA’DINUL ULUM

MUHAMMAD IMAM IBNU MAJAH, 126304213203 (2025) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS (MPR) RADIO MADU FM DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI MELALUI ALUMNI SANTRI MA’DINUL ULUM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (653kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi saat ini mempermudah penyebaran informasi dengan sangat cepat dan lebih aktual, berdampak pada eksistensi radio. Audiens banyak mencari alternatif media baru yang lebih mudah diakses dan menarik, seperti media online. Hal ini menimbulkan tantangan tersendiri dalam mempertahankan eksistensi radio di tengah persaingan dengan berbagai platform media lainnya. Untuk menjaga kelangsungan dan eksistensinya, diperlukan strategi yang efektif dan tepat guna untuk menarik perhatian masyarakat agar tetap mendengarkan radio. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi komunikasi marketing public relations Radio MADU FM dalam meningkatkan eksistensi melalui alumni santri Ma’dinul Ulum. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Radio MADU FM, dengan sampel yang ditentukan secara purposive. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radio MADU FM menerapkan empat dari enam indikator marketing public relations, yaitu publikasi, event, news, dan speech. Penerapan strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan eksistensi radio melalui alumni santri Ma’dinul Ulum. Publikasi dilakukan dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram, yang memungkinkan interaksi langsung dengan audiens. Alumni santri dilibatkan sebagai komunikator dalam setiap acara yang diselenggarakan oleh Radio MADU FM. Konten yang disajikan menggabungkan unsur-unsur tradisi lokal dan nilai-nilai keagamaan, khususnya dalam konteks dakwah. Selain itu, speech digunakan untuk memperkenalkan berbagai aspek positif yang dimiliki oleh Radio MADU FM. Kata kunci: Alumni Santri, Eksistensi Radio, Marketing Public Relations, Strategi Komunikasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Penyiaran Islam > Radio
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304213203 MUHAMMAD IMAM IBNU MAJAH
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:08
Last Modified: 04 Aug 2025 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60397

Actions (login required)

View Item View Item