ATIKAH ADE FADILAH, 126207212057 (2025) KETERAMPILAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH SMPN 1 TULUNGAGUNG DALAM MENGOPTIMALKAN KINERJA GURU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (621kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah SMPN 1 Tulungagung dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru” ini ditulis oleh Atikah Ade Fadilah, NIM 126207212057, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing oleh Ibu Ulfi Nurfaiza, S.I.Kom, M.Sos. Kata Kunci: Keterampilan, Komunikasi Kepala Sekolah, Kinerja Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dimana membutuhkan peran aktif Kepala Sekolah dalam mengelola dan memotivasi guru agar dapat meningkatkan kinerja mereka secara optimal. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan tersebut adalah keterampilan dan kemampuan komunikasi Kepala Sekolah dalam membangun interaksi yang efektif dengan guru, baik PNS maupun non-PNS. Keterampilan komunikasi yang meliputi aspek fisik, intelektual serta sosial sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana kerja yang harmonis, produktif, serta mendukung motivasi dan disiplin guru. Tujuan penelitian ini disusun untuk menjelaskan keterampilan komunikasi kepala sekolah SMP Negeri 1 Tulungagung dalam mengoptimalkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan fenomenologis yang berisikan unconditional positive regard dan congruence (penerimaan positif tanpa syarat dan keselarasan), emphatic understanding (menunjukkan pemahaman empatik melalui penggunaan bahasa yang disesuaikan dengan kebutuhan), serta human relations theory (menekankan pentingnya interaksi sosial dan kepuasan kerja dalam meningkatkan produktivitas). Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Tulungagung. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk memahami Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru. Informan penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru PNS, dan Guru Non-PNS yang terlibat langsung dalam kegiatan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah menunjukkan profesionalisme melalui 1) Keterampilan Fisik yang rapi, sikap tegas, dan ekspresi wajah yang ramah maupun serius sesuai situasi. Dari segi 2) Keterampilan Intelektual, Kepala Sekolah mampu merencanakan strategi pendidikan, membangun visi-misi, serta memotivasi dan memberikan kepercayaan kepada guru dan staf secara terukur, menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan harmonis. Sedangkan dari aspek 3) Keterampilan Sosial, Kepala Sekolah menjalankan komunikasi efektif melalui rapat rutin, penggunaan media sosial, serta membangun hubungan yang erat dengan guru, yang berpengaruh meningkatkan kolaborasi dan kepercayaan antar anggota sekolah. Temuan ini menegaskan bahwa ketiga keterampilan tersebut berperan penting dalam menunjang kinerja guru dan keberhasilan pengelolaan lembaga pendidikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207212057 ATIKAH ADE FADILAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:27 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |