PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI GENERASI Z DI JAWA TIMUR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ULASAN PRODUK DI SHOPEE

ERFINA DWI ANGGRAINI, 126310212043 (2025) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI GENERASI Z DI JAWA TIMUR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ULASAN PRODUK DI SHOPEE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (567kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian pada Ulasan Produk di Shopee: Studi pada Pengguna di Jawa Timur” ini ditulis oleh Erfina Dwi Anggraini, NIM. 126310212043, dengan pembimbing Nurul Setyawati Handayani, M.A. Kata kunci: literasi informasi, pengambilan keputusan, ulasan Era teknologi saat ini masih banyak konsumen yang kurang memperhatikan ulasan produk sebelum membeli suatu barang. Literasi informasi merupakan kemampuan dalam menganalisis informasi dan hal tersebut sangat penting dalam menentukan keputusan. Tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi informasi terhadap pengambilan keputusan karena tidak jarang ditemukan beberapa ulasan yang kurang sesuai dengan deksripsi penjual dan hal tersebut menunjukkan kurangnya pembeli dalam menerapkan literasi informasi. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan 97 responden dengan perhitungan sampel menggunakan rumus Lemeshow karena ukuran populasi yang tidak diketahui. Data dianalisis dengan bantuan SPSS v21 yang meliputi pengujian yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis. Uji normalitas menunjukkan data bersifat normal, uji linearitas menunjukkan adanya hubungan linear, uji regresi sederhana bernilai postif, dan uji hipotesis menunjukkan nilai sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak.. Kesimpulan penelitian ini yaitu adanya pengaruh literasi informasi terhadap keputusan pembelian pada ulasan produk di shopee yang diuji menggunakan teori the seven pillars of information melalui 7 indikator yaitu identify, scope, plan, gather, evaluate, manage, dan present. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menjangkau wilayah dan menambahkan variabel yang berhubungan dengan topik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > E-Commerce
Ilmu Perpustakaan
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310212043 ERFINA DWI ANGGRAINI
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:09
Last Modified: 05 Aug 2025 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60525

Actions (login required)

View Item View Item