BINTANK, 126211212038 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X PADA MATERI GERAK MELINGKAR DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Gerak Melingkar Di Man 1 Trenggalek”. Ini ditulis oleh Bintank, NIM. 126211212038, Progam Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si.. Kata Kunci: Discovery Learning, Motivasi belajar, Pemahaman Konsep. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan pemahaman konsep siswa pada materi gerak melingkar. Salah satu faktor penyebab adalah proses pembelajaran masih menerapkan model pembelajaran secara konvensional dimana guru lebih berperan aktif menyampaikan materi kepada siswanya. Model pembelajaran ini masih kurang efektif dalam menarik minat siswa untuk belajar fisika dilihat dari banyaknya siswa cepat merasa bosan dan kurang bersemangat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada materi gerak melingkar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada materi Gerak Melingkar di MAN 1 Trenggalek. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas X pada materi Gerak Melingkar di MAN 1 Trenggalek. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi dan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi Gerak Melingkar di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Posttest-Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Trenggalek berjumlah 374 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-D sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa dan kelas X-G sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), (2) Uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), (3) Uji hipotesis (uji t-test dan uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada materi Gerak Melingkar di MAN 1 Trenggalek. Dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu 0,022 < 0,05 yang menyatakan H_0 ditolak dan H_1 diterima. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas X pada materi Gerak Melingkar di MAN 1 Trenggalek. Dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu 0,002 < 0,05 yang menyatakan H_0 ditolak dan H_1 diterima. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi dan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi Gerak Melingkar di MAN 1 Trenggalek. Dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu 0,001< 0,05 yang menyatakan H_0 ditolak dan H_1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211212038 BINTANK |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:25 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |