SULISTIYA MITAKHUZAHRO', 126308213222 (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KELELAHAN AKADEMIK PADA SISWA YANG MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MENGIKUTI SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI KELAS XII MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kemampuan Akademik pada Siswa yang Mempersiapkan Diri untuk Mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Kelas XII MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Sulistiya Mitakhuzahro’, NIM. 126308213222, dengan pembimbing Indah Nadzifah Hayati, M.Psi., Psikolog Kata kunci: efikasi diri, kelelahan akademik, siswa kelas 12, seleksi masuk perguruan tinggi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kelelahan akkademik pada siswa kelas 12 yang sedang mengikuti proses seleksi masuk perguruan tinggi. Masa persiapan seleksi perguruan tinggi merupakan periode yang penuh tekanan dan tuntutan akademik tinggi, sehingga rentan menimbulkan kelelahan akademik (academic burnout). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 135 siswa kelas 12 yang mengikuti seleksi perguruan tinggi dari seluruh kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua skala, yaitu skala efikasi diri dan skala kelelahan akademik yang telah dimodifikasi dan divalidasi oleh ahli penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap kelelahan akademik. Uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,799 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (> 0,05), yang artinya variabel efikasi diri berpengaruh positif terhadap kelelahan akademik. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,614 atau 61,4% yang artinya menunjukkan bahwa efikasi diri berkontribusi terhadap kelelahan akademik sebesar 0,614, sedangkan 38,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat efikasi diri yang dimiliki siswa, maka semakin rendah tingkat kelelahan akademik yang mereka alami. Di samping itu, keyakinan diri dalam menghadapi tugas tugas akademik dapat menjadi faktor protektif terhadap kelelahan akademik, khususnya dalam konteks tekanan menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308213222 SULISTIYA MITAKHUZAHRO' |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 02:33 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |