INTERAKSI GURU PAI DAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG

FANI ACHMAD T, 2811133092 (2017) INTERAKSI GURU PAI DAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fani Achmad Tholibin, NIM. 28111 33092, “Interaksi Guru PAI Dan Peserta Didik Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Di SMK PGRI 1 Tulungagung”, Skripsi, dosen pembimbing : Nuryani, M. Pd. I Kata Kunci : Interaksi, Guru Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik, Kepribadian Muslim. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang kurang dalam berkepribadian baik, serta masih kurangnya pengetahuan tentang pentingnya agama. Hal itu terbukti bahwa masih banyak peserta didik yang kurang dalam mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar yang merupakan pengajaran, bimbingan dan latihan terhadap peserta didik agar nantinya dapat memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam serta menjadikan sebagai jalan hidup sehari-hari yaitu berkepribadian muslim. Hal ini semua tergantung lembaga dalam menjembatani peserta didik dalam belajar. Dengan adanya interaksi guru PAI tersebut diharapkan nantinya peserta didik bisa menjadi pribadi yang sesuai dengan ajaran Islam. Fokus penelitian: 1. Bagaimana interaksi guru PAI dan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim di SMK PGRI 1 Tulungagung?, 2. Bagaimana problem interaksi guru PAI dan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim di SMK PGRI 1 Tulungagung?, 3. Apa saja upaya untuk mengatasi problem interaksi guru PAI dan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim di SMK PGRI 1 Tulungagung?. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan interaksi guru PAI dan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim di SMK PGRI 1 Tulungagung. Untuk mendiskripsikan problem interaksi guru PAI dan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim di SMK PGRI 1 Tulungagung. Untuk mendiskripsikan apa saja upaya untuk mengatasi problem interaksi guru PAI dan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim di SMK PGRI 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam usaha mendapatkan sumber data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya peneliti menggunakan analisis data interaktif model, yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya: 1. Interaksi guru PAI dan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim di SMK PGRI 1 Tulungagung melalui pendekatan-pendekatan guru PAI dengan peserta didik baik melalui pendekatan individu, kelompok dan edukatif, terlihat pada waktu peserta didik menjalankan ibadah, mengikuti kegiatan disekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler, peringatan hari besar Islam, Maulid nabi, sikap peserta didik terhadap guru dan teman-temannya, dan juga ketika guru PAI melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar, guru dengan ikhlas dalam bersikap dan berbuat, serta berusaha memahami peserta didiknya dengan segala konsekuensinya. Sehingga terbentuk hubungan harmonis antara keduanya dan dapat mengamalkan nilai ajaran Islam yang berkepribadian muslim. 2. Masalah dalam interaksi guru PAI dan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim terbagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berkaitan dengan terbatasnya waktu dalam pelajaran, kurangnya minat peserta didik terhadap pelajaran agama, kurang adanya tanggung jawab di benak semua guru, sarana prasana yang masih terbilang minim. Sedangkan faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian orang tua pada pentingnya pendidikan agama, minimnya penerapan ajaran Islam di lingkungan keluarga, salah dalam memilih teman. 3. Upaya dalam mengatasi masalah interaksi guru PAI dan peserta didik diantaranya dengan melalui pendidikan, melalui pendekatan, pembiasaan, menciptakan suasana keagamaan yang kondusif, menarik minat peserta didik dalam belajar agama, melalui bimbingan, memberi contoh yang baik, bekerjasama dengan orangtua peserta didik. Dari hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya interaksi tersebut diharapkan nantinya dalam proses pembelajaran agama akan bisa berjalan lebih kondusif lagi. Dan juga diharapkan mampu dalam membentuk pribadi peserta didik menjadi pribadi muslim.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133092 FANI ACHMAD T
Date Deposited: 19 Sep 2017 07:35
Last Modified: 19 Sep 2017 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6078

Actions (login required)

View Item View Item