MARLINA, 126209212075 (2025) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGOPTIMALKAN KOHESI SOSIAL SISWA MELALUI MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Mengoptimalkan Kohesi Sosial Siswa Melalui Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek” ditulis oleh Marlina, NIM 126209212075, pembimbing Dr. Yudi Krisno Wicaksono, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Kohesi Sosial Penelitian ini membahas terkait implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam mengoptimalkan kohesi sosial siswa melalui mata pelajaran Sosiologi di kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa permasalahan dalam hubungan sosial antarsiswa di SMA Negeri 2 Trenggalek, seperti perilaku indivualistik, sikap acuh atau kurangnya kekompakan dan sikap eklusivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implemetasi Profil Pelajar Pancasila dapat mengoptimalkan kohesi sosial siswa melalui mata pelajaran Sosiologi di kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek, dampak dari implemetasi Profil Pelajar Pancasila dan tantangan dari implemetasi Profil Pelajar Pancasila Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru, siswa, dan pihak sekolah. Analisis data dilakukan dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data divalidasi melalui tringulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam mengoptimalkan kohesi sosial siswa melalui mata pelajaran Sosiologi di kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek telah terlaksana dengan baik dan dapat mengoptimalkan kohesi sosial siswa. Implementasi Profil Pelajar pancasila di SMA Negeri Trenggalek menekankan pada penguatan karakter serta kompetensi siswa melalui kegiatan pembelajaran kontekstual dan interaktif, seperti project-based learning dan problem-based learning, yang terintegrasi dalam mata pelajaran Sosiologi serta aktivitas pembiasaan di sekolah. Penerapan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila terutama pada elemen gotong royong, kemandirian, dan berpikir kritis memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kohesi sosial siswa, ditandai dengan meningkatnya kekompakan, komunikasi yang baik antar siswa, serta meningkatnya rasa tanggung jawab, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar inklusif dan juga memperkuat hubungan sosial antar siswa. Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 2 Trenggalek masih menghadapi kendala berupa keterbatasan dana, kurangnya semangat siswa, dan tingginya beban tugas. Solusi yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mencari dana seponsor dari pihak luar dan pendekatan persuasif dari guru sebagai teladan sekaligus pendamping bagi siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209212075 MARLINA |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:35 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |