NABELLA ZUBAIDA’ IZZATUR ROHMAH, 126209212066 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul "Strategi Pembelajaran Oleh Guru Dalam Meningkatkan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sman 1 Ngunut Tulungagung", yang ditulis oleh Nabella Zubaida’ Izzatur Rohmah NIM. 126209212066 dari Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dita Hendriani, M.A. NIP. 197912202014032001 Kata Kunci: strategi pembelajaran, efektivitas belajar, geografi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pembelajaran guru berdampak signifikan terhadap motivasi, pemahaman, dan hasil belajar siswa agar diharapkan siswa dapat belajar dengan efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran oleh guru dalam meningkatkan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan guru dalam meningkatkan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana dampak terhadap siswa dalam penerapan strategi guru pada mata pelajaran geografi kelas X di SMAN 1 Ngunut Tulungagung?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui strategi pembelajaran oleh guru dalam meningkatkan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. (2) Mengetahui hambatan guru dalam meningkatkan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. (3) Mengetahui dampak terhadap siswa dalam penerapan strategi guru pada mata pelajaran geografi kelas X di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini meliputi guru Geografi dan siswa kelas X di SMAN 1 Ngunut Tulungagung serta seluruh pihak yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam meingkatkan efektivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Ngunut Tulungagung ada 2 yaitu Strategi Ekspositori dan inquiri. Hambatan-hambatan yang di alami diantaranya yaitu: 1) kurangnya respon dalam proses pembelajaran, 2) pengaruh buruk dari teman, 3) tidur dikelas. Dampak terhadap siswa dalam penerapan strategi guru pada mata pelajaran Geografi kelas X kemampuan memberi kesimpulan, siswa mampu memaparkan kesimpulan secara runtut dan urut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial > Geografi Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209212066 NABELLA ZUBAIDA' IZZATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:35 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |