UMI MASRUROH, 126205211075 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (805kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI..pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul, “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Matematika di MIN 3 Tulungagung” ditulis oleh Umi Masruroh, NIM. 126205211075, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan globalisasi, yang dimana dalam mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknolgi perlu peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas pembelajaran. Sehingga sudah waktunya mengembangkan keterampilan peserta didik yang relevan dengan tuntutan zaman dan mengurangi monoton belajar. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan berpikir peserta didik secara aktif, komunikatif, menyenangkan dan efektif. Di MIN 3 Tulungagung ditemukan bahwa para pendidik melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi. Selain itu pendidik juga menggunakan model pembelajaran yang dapat melatih pembentukan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan model pembelajaran inquiry dalam kaitannya dengan membentuk keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiry dalam membentuk keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas 2 pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran inquiry untuk membentuk keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas 2 pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana perlaksanaan model pembelajaran inquiry untuk membentuk keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas 2 pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi peserta didik kelas 2 dalam menggunakan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan terkait bentuk perencanaan dan pelaksanaan penerapan model pembelajaran inquiry yang dilakukan guru pada saat kegiatan pembelajaran mata pelajaran matematika untuk membentuk keterampilan berpikir kritis peserta didik dan evaluasi peserta didik dalam menggunakan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti hadir secara langsung ke lokasi penelitian untuk menjadi instrumen utama dalam pengumpulan data yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data yaitu menguraikan data sesuai dengan fokus penelitian, menyajikan data dalam bentuk naratif, dan menarik kesimpulan pada tahap verifikasi data. Hasil temuan menunjukkan bahwa, (1) perencanaan guru dalam penerapan model pembelajaran inquiry untuk membentuk keterampilan berpikir kritis kelas 2 pada mata pelajaran matematika yaitu melakukan langkah-langkah sebelum melaksanakan pembelajaran (menentukan tujuan pembelajaran, mengidentifikasi pertanyaan, mengembangkan rencana pembelajaran, menyiapkan sumber belajar, menyiapkan alat dan bahan), dan melakukan identifikasi terhadap karakteristik peserta didik (2) pelaksanaan guru dalam penerapan model pembelajaran inquiry untuk membentuk keterampilan berpikir kritis kelas 2 pada mata pelajaran matematika yaitu membangun suasana belajar yang responsif, menggunakan model pembelajaran inquiry (mengajukan pertanyaan, megidentifikasi masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, mengembangkan kesimpulan, mengkomunikasi hasil), dengan bantuan media pembelajaran (berupa uraian potongan bangun datar), guru sebagai fasilitator dan motivator, (3) evaluasi peserta didik kelas 2 dalam menggunakan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran matematika yaitu beberapa peserta didik mengalami kendala karena tidak semua dapat berpikir dengan cepat, tidak semua materi pembelajaran matematika dapat menggunakan model pembelajaran inquiry.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Matematika Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211075 UMI MASRUROH |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:25 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |