MUKLIS SANJAYA, 12950121031 (2025) MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS BERBASIS AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH AN-NAHDLIYAH. [ Disertasi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Disertasi dengan judul “Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Lamongan (UNISLA) dalam Membentuk Karakter Religius Berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah” ini ditulis oleh Muklis Sanjaya, NIM 12950121031, dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag dan Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata kunci : Manajemen Kurikulum, Karakter Religius, Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah. Penelitian disertasi ini dilatarbelakangi oleh fenomena karakter religius di lingkungan lembaga pendidikan tinggi yang semakin merosot dalam beberapa dekade akhir ini, hal ini dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan pergaulan, tekanan akademik dan karier, paparan teknologi dan media sosial serta kurangnya pendidikan agama yang memadai. Pondok Pesantren Mahasiswa (Ponpesma) menjadi solusi terkait merosotnya moral dan etika mahasiswa dengan penanaman karakter berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana desain kurikulum Ponpesma UNISLA dalam membentuk Karakter Religius Berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah? (2) Bagaimana implementasi kurikulum Ponpesma UNISLA dalam membentuk Karakter Religius Berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum Ponpesma UNISLA UNISLA dalam membentuk karakter religius berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah?. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk desain kurikulum Ponpesma UNISLA dalam membentuk karakter religius berbasis Ahlussunnah wal Jama’ah AnNahdliyah berupa merumuskan tujuan sebagai penerus amaliyah salaf shalih, pemilihan isi dengan tricita Ponpesma UNISLA, pengorganisasian kebijakan sinergitas melalui Peraturan Rektor UNISLA No.1 Tahun 2019 Pasal 95, serta evaluasi berdasar standar kompetensi lulusan (ujian praktik ubudiyah, diniyah, Al-Qur’an dan penilaian sikap religius. 2) Implementasi kurikulum Ponpesma UNISLA dalam membentuk karakter religius berbasis Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah yakni dengan tiga kegiatan: kurikulum akademik pembelajaran diniyah (akidah, akhlak, fikih, tarikh dan hadits), kurikulum ubudiyah (jama’ah sholat wajib, sholat tahajjud, dhuha, dan tahfidz Al-Qur’an) serta kurikulum pembiasaan (pembacaan aurod, ziarah makam, tahlill, maulid diba', sholawat burdah, dan sholawat ‘irfan). 3) Evaluasi kurikulum Ponpesma UNISLA, melalui kurikulum akademik (absensi diniyah, evaluasi materi/taftis, ujian akhir diniyah), kurikulum ubudiyah (buku pedoman santri, ujian prakek ubudiyah, buku setoran hafalan, ujian Al-Qur’an yanbu’a) serta evaluasi kurikulum pembiasaan melalui (penilaian pelanggaran sistem poin). Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain, implementasi dan evaluasi kurikulum yang dimiliki Ponpesma UNISLA berbasis Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah telah mampu membentuk karakter religius mahasiswa
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
Depositing User: | 12950121031 MUKLIS SANJAYA |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 04:11 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 04:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |