ANGGIE SEKAR PAMBUDI, 126206212032 (2025) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATOK KELAPA TERHADAP PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SITI KHOTIJAH PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Anggie Sekar Pambudi, 126206212032, 2025, Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Siti Khotijah Plosokandang Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Susanto, M.Or. Kata Kunci : Fisik Motorik, Permainan Tradisional Perkembangan motorik merupakan kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuhnya secara terkoordinasi. Perkembangan teknologi dan globalisasi telah menggeser minat masyarakat terutama anak-anak, dari permainan tradisional ke permainan modern, seperti game online. Fakta yang ada di lapangan tersebut anak-anak semakin akrab dengan gadget dan permainan digital sehingga perkembangan fisik motorik anak menjadi terhambat. Meskipun permainan tradisional memiliki sejarah panjang dan nilai budaya yang tinggi, penelitian tentang pengaruh terhadap perkembangan anak khususnya pada aspek fisik motorik masih terbatas. Permainan egrang batok kelapa menjadi pilihan untuk diperkenalkan kepada anak-anak karena untuk alat dan bahannya mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh permainan tradisional egrang batok kelapa terhadap perkembangan fisik motorik anak usia 5-6 tahun di TK Siti Khotijah Plosokandang Tulungagung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional egrang batok kelapa terhadap perkembangan fisik motorik anak usia 5-6 tahun di TK Siti Khotijah Plosokandang Tulungagung. Berdasarkan rumusan masalah komparatif tersebut dapat dikemukakan hipotesis pada penelitian ini yaitu ada pengaruh dalam perkembangan fisik motorik anak melalui permainan tradisional egrang batok kelapa pada usia 5-6 tahun di TK Siti Khotijah Plosokandang Tulungagung. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu permainan tradisional egrang batok kelapa (X), variabel terikat dalam penelitian ini adalah perkembangan fisik motorik (Y). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan instrumen penelitian dengan menggunakan checklist. Hasil penelitiannya adalah permainan tradisional egrang batok kelapa berpengaruh terhadap perkembangan fisik motorik dibuktikan oleh anak menjadi lebih aktif berinteraksi dengan teman sebaya, melatih kesabaran dan konsentrasi anak, dan anak lebih percaya diri. Bertambahnya kekuatan, koordinasi, kecepatan, keseimbangan, dan kelincahan tubuh setelah bermain permainan tradisional egrang batok kelapa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak Biologi > Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206212032 ANGGIE SEKAR PAMBUDI |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 04:23 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 04:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |