PENGARUH MODEL PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGLEGOK

INDHUN NOVITA ANJANI, 126211211015 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGLEGOK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (487kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Roda Putar terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bumi dan Tata Surya Kelas VII di SMP Negeri 1 Nglegok” ini ditulis oleh Indhun Novita Anjani, NIM. 126211211015, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Media Roda Putar, Pemahaman Konsep Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi Bumi dan Tata Surya. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang belum mampu menyatakan ulang konsep, menggunakan prosedur pemecahan masalah secara tepat, dan mengaplikasikan konsep dalam konteks kehidupan nyata. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media roda putar diterapkan sebagai solusi untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan membantu mereka memahami konsep secara lebih konkret. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media roda putar terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Bumi dan Tata Surya kelas VII di SMP Negeri 1 Nglegok? 2) Seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media roda putar terhadap pemahaman konsep siswa pada materi tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment dan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nglegok yang terdiri dari kelas VII A sampai kelas VII J dengan jumlah total 305 siswa. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII B (31 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C (30 siswa) sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes pemahaman konsep, yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, uji N-Gain dan Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media roda putar terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Bumi dan Tata Surya, dengan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2) Rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,47 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,24 (kategori rendah), yang menunjukkan peningkatan pemahaman konsep lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media roda putar efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Bumi dan Tata Surya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211211015 INDHUN NOVITA ANJANI
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:48
Last Modified: 19 Aug 2025 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61130

Actions (login required)

View Item View Item