HILMY AZKA NOVIANTI, 126210212060 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LAGU MIMPI KARYA PUTRI ARIANI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Lagu Mimpi Karya Putri Ariani terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII MTsN 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2024/2025” ini ditulis oleh Hilmy Azka Novianti, NIM 126210212060 Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M. Pd. I. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Puisi, Lagu Mimpi Karya Putri Ariani, Media Pembelajaran. Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu bentuk ekspresi bahasa yang mempunyai peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Melalui kegiatan menulis, individu dapat menyampaikan gagasan, merefleksikan pengalaman, serta menuangkan ide secara terarah dan bermakna. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media pembelajaran lagu "Mimpi" karya Putri Ariani pada siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung tahun pelajaran 2024/2025, dan 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran lagu "Mimpi" karya Putri Ariani terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung, dengan sampel siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi sebelum (pre test) dan sesudah perlakuan (post test). Uji hipotesis menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney U yang dianalisis dengan aplikasi SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa setelah diterapkannya media lagu "Mimpi" karya Putri Ariani melalui platform YouTube. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji hipotesis Mann-Whitney U dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lagu berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi siswa dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,00 dan kelas kontrol 71,20.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210212060 HILMY AZKA NOVIANTI |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:21 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |