KEPEMIMPINAN PENGASUH PONDOK PESANTREN DAN PENGARUHNYA DALAM MENINGKATKAN MUTU PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN (Study Sequential Exploratory Mixed Method di As-Salafi Walisongo Blitar dan Lubabul Fattah Tulungagung)

TRI ASTUTIK, 1880501230014 (2025) KEPEMIMPINAN PENGASUH PONDOK PESANTREN DAN PENGARUHNYA DALAM MENINGKATKAN MUTU PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN (Study Sequential Exploratory Mixed Method di As-Salafi Walisongo Blitar dan Lubabul Fattah Tulungagung). [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Kepemimpinan Pengasuh Pondok Pesantren dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Mutu Program Al-Qur’an (Studi Sequential Exploratory Mixed Method di As-Salafi Walisongo Blitar)” ini ditulis oleh Tri Astutik dengan pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. dan Prof. Dr. H. Abd Aziz, M.Pd. Kata Kunci: kepemimpinan, mutu program tahfidz, pondok pesantren, As-Salafi Walisongo, Lubabul Fattah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pengasuh pondok pesantren dalam meningkatkan mutu program tahfidz AlQur’an, mengingat keberhasilan program ini sangat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, penggerakan, dan pembinaan yang dilakukan oleh pemimpin pesantren. Pondok Pesantren As-Salafi Walisongo Blitar dan Lubabul Fattah Tulungagung menjadi objek penelitian karena keduanya dikenal memiliki program tahfidz yang unggul, namun masih menghadapi tantangan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas secara berkelanjutan. Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana kepemimpinan pengasuh pondok pesantren diformulasikan, diimplementasikan, dan dievaluasi dalam upaya meningkatkan mutu program tahfidz, serta pengaruh pengambilan keputusan, penggerakan, dan pembinaan terhadap hasil program. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan, merumuskan, menguji, dan membangun konsep tentang: (1) Pengambilan keputusan pemimpin pondok pesantren dalam meningkatkan mutu program tahfidz, (2) Penggerakan bawahan oleh pemimpin pondok pesantren, (3) Pembinaan bawahan dalam pelaksanaan program tahfidz, (4) Pengaruh pengambilan keputusan terhadap mutu program tahfidz, (5) Pengaruh penggerakan terhadap mutu program tahfidz, dan (6) Pengaruh pembinaan terhadap mutu program tahfidz di As-Salafi Walisongo Blitar dan Lubabul Fattah Tulungagung. xviii Penelitian ini menggunakan pendekatan Sequential Exploratory Mixed Method, diawali dengan eksplorasi kualitatif untuk memahami kepemimpinan pengasuh dan dinamika program tahfidz, kemudian dilanjutkan dengan analisis kuantitatif untuk menguji hubungan antar variabel. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pengasuh pondok pesantren yang partisipatif, transformatif, dan berorientasi pembinaan mampu meningkatkan mutu program tahfidz secara signifikan. Berdasarkan hasil uji hipotesis, pengambilan keputusan, penggerakan, dan pembinaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu program tahfidz dengan nilai t masing-masing (5,497), (6,413), dan (7,936), nilai F (43,392), serta korelasi R (0,727) yang kuat. Pembinaan menjadi faktor paling dominan dalam meningkatkan mutu program tahfidz dengan kontribusi 50,8%. Temuan ini membuktikan bahwa keberhasilan program tahfidz di pondok pesantren sangat ditentukan oleh kepemimpinan pengasuh yang efektif, kolaboratif, dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501230014 TRI ASTUTIK
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:41
Last Modified: 20 Aug 2025 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61178

Available Versions of this Item

  • KEPEMIMPINAN PENGASUH PONDOK PESANTREN DAN PENGARUHNYA DALAM MENINGKATKAN MUTU PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN (Study Sequential Exploratory Mixed Method di As-Salafi Walisongo Blitar dan Lubabul Fattah Tulungagung). (deposited 20 Aug 2025 04:41) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item