PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, GAYA HIDUP MODERN, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI KABUPATEN BLITAR

ILMA DIAN FASICHA, 126402211018 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, GAYA HIDUP MODERN, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BABA IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Gaya Hidup Modern, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Kabupaten Blitar” yang ditulis oleh Ilma Dian Fasicha, NIM. 126402211018, Progam Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dan dibimbing oleh Dedi Suselo, S.E., M.M. Kata kunci: Media sosial, Gaya hidup modern, Literasi keuangan, Perilaku konsumtif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Blitar. Saat ini teknologi berkembang sangat pesat, kemudahan memperoleh informasi dari media sosial dapat mendorong seseorang untuk berperilaku konsumtif, terutama dalam hal mengikuti trend dan membeli barang-barang bermerk untuk memenuhi gaya hidup yang modern, hal tersebut dapat mendorong pola konsumsi yang berlebihan. Generasi Z cenderung menghabiskan uangnya tanpa memikirkan efek jangka Panjang, sehingga mereka dianggap lebih boros dibanding generasi lain. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Untuk menguji pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Blitar. 2) Untuk menguji pengaruh gaya hidup modern terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Blitar. 3) Untuk menguji pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Blitar. 4) Untuk menguji apakah penggunaan media sosial, gaya hidup modern, dan literasi keuangan berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan adalah generasi Z di Kabupaten Blitar dengan Teknik yang digunakan adalah convenience sampling. Populasi penelitian berjumlah 267.622 ribu jiwa. Perhitungan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah responden 100 orang. Data penelitian bersifat primer yang diperoleh dari penyebaran angket secara online. Teknik analisis data menggunakan SPSS IBM 25, dengan memulai beberapa tahapan uji yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji F, uji T, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Blitar. 2) Gaya hidup modern berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Blitar. 3) Literasi keuangan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Blitar. 4) Media sosial, gaya hidup modern, dan literasi keuangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402211018 ILMA DIAN FASICHA
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:35
Last Modified: 22 Aug 2025 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61258

Actions (login required)

View Item View Item