IRA ARDIYANTI, 126206212061 (2025) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENSTIMULASI PEMAHAMAN KAUSALITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SITI KHOTIJAH PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Eksperimen untuk Menstimulasi Pemahaman Kausalitas Anak Usia 4-5 Tahun di TK Siti Khotijah Plosokandang” ini ditulis oleh Ira Ardiyanti, NIM. 126206212061, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dika Putri Rahayu, M.Pd. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Pemahaman Kausalitas, Anak Usia Dini 4-5 Tahun Pemahaman kausalitas merupakan bagian penting dalam perkembangan kognitif anak, di mana mereka belajar mengenali hubungan sebab-akibat di dunia sekitar. Salah satu aspek yang mendalam dari pemahaman ini adalah bagaimana anak memecahkan masalah, membuat prediksi, dan mengembangkan pola pikir logis yang lebih matang. Untuk menstimulasi kemampuan tersebut, diperlukan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Salah satu metode yang efektif adalah metode eksperimen, karena memungkinkan anak untuk bereksplorasi secara mandiri dan menemukan konsep-konsep baru melalui pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode eksperimen dalam menstimulasi pemahaman kausalitas anak usia 4-5 tahun di TK Siti Khotijah Plosokandang. Metode eksperimen dipilih karena memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar secara langsung melalui pengalaman nyata, sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap hubungan sebab-akibat dalam berbagai fenomena sederhana. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan mentriangulasikan data yang diperoleh dan menghubungkan dengan teori-teori perkembangan kognitif anak usia dini. Eksperimen yang dilakukan meliputi berbagai aktivitas seperti pengamatan pergerakan mobil-mobilan di permukaan datar dan miring, serta eksperimen menggunakan balon pentil sebagai roda untuk memahami konsep dorongan dan pergerakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen secara efektif meningkatkan pemahaman kausalitas anak-anak. Mereka menjadi lebih aktif dalam mengamati, bertanya, dan menarik kesimpulan dari setiap eksperimen yang dilakukan. Namun, dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa hambatan seperti keterbatasan fasilitas, waktu pelaksanaan yang terbatas, serta perbedaan tingkat pemahaman di antara anak-anak yang memerlukan bimbingan lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar para pendidik secara intensif menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran guna meningkatkan pemahaman kausalitas anak usia dini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206212061 IRA ARDIYANTI |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |