STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS HAFALAN AL-QUR’AN (Studi Multi Situs di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan SD Al-Gontory Tulungagung)

IFAUL BADI’ATUZ ZAHRO’, 1755154022 (2017) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS HAFALAN AL-QUR’AN (Studi Multi Situs di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan SD Al-Gontory Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Hafalan Al-Quran (Studi Multi Situs di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan SD Al-Gontory Tulungagung)” ini ditulis oleh Ifaul Badi’atuz Zahro’, dengan dibimbing oleh Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Hafalan Al-Qur’an. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana dalam proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an guru diharuskan untuk memiliki strategi yang tepat agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien dengan tujuan yang diharapkan. Namun kenyataannya penerapan strategi untuk meningkatkan efektivitas hafalan Al-Qur’an bukan hal yang mudah, sebagian guru ada yang kurang bisa menerapkan strategi yang tepat dalam menghafal Al-Qur’an, hal ini nampak dari rendahnya tingkat hafalan Al-Qur’an peserta didik yang disebabkan oleh guru yang belum bisa menerapkan metode yang sesuai dengan proses pembelajaran hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis metode yang digunakan guru dalam meningkatkan efektivitas hafalan Al-Qur’an di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan SD Al-Gontory Tulungagung. (2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode yang digunakan guru dalam meningkatkan efektivitas hafalan Al-Qur’an di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan SD Al-Gontory Tulungagung. (3) Menganalisis implikasi dari pelaksanaan metode yang digunakan guru dalam meningkatkan efektivitas hafalan Al-Qur’an di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan SD Al-Gontory Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan desain multi situs di SDI Al-Azhaar Kedungwaru dan SD Al-Gontory Tulungagung. Data dan sumber data: 1. Primer: Waka Tahfidz, guru Tahfidz, dan peserta didik; 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan triangulasi, perpanjangan kehadiran dan peningkatan ketekunan. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data (display data) kemudian reduksi data, penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Metode yang digunakan guru dalam meningkatkan efektivitas hafalan Al-Qur’an di SDI Al Azhaar yaitu menggunakan metode Yanbu’a dan metode muroja’ah sedangkan di SD Al-Gontory itu menggunakan metode Tilawati, metode Isyarat, dan metode Muroja’ah. (2) Faktor yang mempengaruhi pelaksaanaan metode yang digunakan guru dalam meningkatkan efektivitas hafalan Al-Qur’an meliputi faktor pendukungnya yaitu: adanya buku prestasi Tahfidz Al-Qur’an, sarana prasarana yang mendukung, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: sering membuat gaduh, tidak fokus pada hafalan dan sulitnya membaca ayat Al-Qur’an yang pendek dan panjang (ayat mutasyabihat) sedangkan di SD Al-Gontory faktor pendukungnya meliputi: faktor usia siswa, kecerdasan siswa dan adanya buku prestasi tahfidz dan faktor penghambatnya meliputi: munculnya sifat malas, siswa lupa dengan ayat yang dihafal. (3) Implikasi dari pelaksanaan metode yang digunakan guru dalam meningkatan efektivitas hafalan Al-Quran di SDI Al-Azhaar yaitu: siswa mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik sesuai target dan siswa menjadi lebih disiplin. Sedangkan di SD Al-Gontory implikasinya meliputi kemampuan hafalan Juz ‘amma siswa semakin meningkat dan siswa menjadi lebih bersemangat dalam menghafal surat-surat pendek.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154022 IFAUL BADI’ATUZ ZAHRO’
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:53
Last Modified: 13 Oct 2017 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6139

Actions (login required)

View Item View Item