PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL MELALUI KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA DI MI NAHDLATUL ULAMA TERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

IMA YAYANG NOFELIU, 126205212105 (2025) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL MELALUI KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA DI MI NAHDLATUL ULAMA TERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Sosial melalui Kemampuan Bersosialisasi Siswa di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ima Yayang Nofeliu dengan NIM 126205212105, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Hamidah Abdul Shomad Elfin Nikmati, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Sosial, Kemampuan Bersosialisasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena penurunan kemampuan siswa dalam bersosialisasi, berinteraksi dan menjalin hubungan yang sehat di lingkungan sekitarnya. Banyak siswa yang cenderung individualistis, kurang empati, dan mengalami kesulitan dalam membangun komunikasi yang positif dengan teman sebaya maupun orang dewasa. Cara mengatasi penurunan kemampuan siswa dalam bersosialisasi tersebut dengan guru melakukan pembiasaan yang baik setiap hari, dan guru menjalankan tugas dan perannya dengan sebaik mungkin. Peran yang dilakukan guru tersebut diharapkan mampu mengatasi kurangnya kesadaran siswa dalam kemampuan bersosialisasi. Fokus penelitian ini adalah peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai fasilitator, dan peran guru sebagai pembimbing dalam membentuk karakter sosial melalui kemampuan bersosialisasi siswa di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai fasilitator, dan juga peran guru sebagai pembimbing dalam membentuk karakter sosial melalui kemampuan bersosialisasi siswa di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research), sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi, dalam menganalisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan ketekunan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru sebagai pendidik yaitu memberikan keteladanan, pembelajaran yang mengajarkan nilai moral, serta pembinaan berkelanjutan baik di dalam maupun di luar kelas. Guru sebagai pendidik berperan dalam mengembangkan keterampilan bersosialisasi siswa melalui pembelajaran aktif, memberikan nasihat, memberikan reward dan punishment, serta kerjasama dengan keluarga dan lingkungan. (2) Peran guru sebagai fasilitator yaitu menyediakan sarana dan ruang, dukungan, serta arahan berbagai aktivitas pembelajaran. Selain itu, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menerapkan metode pembelajaran yang kolaboratif. (3) Peran guru sebagai pembimbing yaitu guru mengarahkan dan membimbing siswa ke arah yang baik dan sesuai dengan kemampuan dan karakter mereka masing-masing. Selain itu, melakukan pendekatan bimbingan klasikal dan individual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212105 IMA YAYANG NOFELIU
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:21
Last Modified: 26 Aug 2025 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61402

Actions (login required)

View Item View Item