PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI TASAMUH UNTUK MENINGKATKAN KERUKUNAN SISWA DI SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK

FARID REZKY ANANTA, 126201212174 (2025) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI TASAMUH UNTUK MENINGKATKAN KERUKUNAN SISWA DI SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (963kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Kerukunan Siswa di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek" ini ditulis oleh Farid Rezky Ananta, NIM. 126201212174, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Peran guru, Akidah Akhlak, tasamuh Indonesia sebagai negara multikultural terbesar di dunia menghadapi tantangan besar dalam menjaga kerukunan di tengah keberagaman suku, budaya, dan agama, terutama di era digital yang rawan intoleransi dan ujaran kebencian. Kondisi ini diperburuk oleh maraknya perundungan di sekolah serta degradasi moral remaja yang meningkat akibat kurangnya penanaman nilai-nilai toleransi (tasamuh). Pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam, memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan sikap saling menghargai di kalangan siswa. Melalui guru, kurikulum, dan lingkungan sekolah yang mendukung, nilai tasamuh perlu ditanamkan agar generasi muda mampu hidup harmonis dalam keberagaman, menghindari konflik, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Pertanyaan penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam menanamkan nilai tasamuh di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek? 2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai tasamuh di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek? 3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam menanamkan nilai tasamuh di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik kredibilitas meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, member check, dan peer debriefing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Akidah Akhlak sangat strategis dalam menanamkan nilai tasamuh. 1) Sebagai pendidik, guru menyusun pembelajaran yang efektif dengan mengintegrasikan ceramah, diskusi, dan studi kasus untuk memfasilitasi pemahaman siswa tentang toleransi. 2) Sebagai pembimbing, guru memberikan pendampingan moral dan sosial kepada siswa, untuk menghargai perbedaan. 3) Sebagai teladan, guru menunjukkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari, memperlihatkan empati, menghargai perbedaan, dan mengendalikan emosi, sehingga siswa dapat meniru sikap tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212174 FARID REZKY ANANTA
Date Deposited: 26 Aug 2025 08:23
Last Modified: 26 Aug 2025 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61406

Actions (login required)

View Item View Item