FARID REZKY ANANTA, 126201212174 (2025) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI TASAMUH UNTUK MENINGKATKAN KERUKUNAN SISWA DI SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (963kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Kerukunan Siswa di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek" ini ditulis oleh Farid Rezky Ananta, NIM. 126201212174, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Peran guru, Akidah Akhlak, tasamuh Indonesia sebagai negara multikultural terbesar di dunia menghadapi tantangan besar dalam menjaga kerukunan di tengah keberagaman suku, budaya, dan agama, terutama di era digital yang rawan intoleransi dan ujaran kebencian. Kondisi ini diperburuk oleh maraknya perundungan di sekolah serta degradasi moral remaja yang meningkat akibat kurangnya penanaman nilai-nilai toleransi (tasamuh). Pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam, memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan sikap saling menghargai di kalangan siswa. Melalui guru, kurikulum, dan lingkungan sekolah yang mendukung, nilai tasamuh perlu ditanamkan agar generasi muda mampu hidup harmonis dalam keberagaman, menghindari konflik, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Pertanyaan penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam menanamkan nilai tasamuh di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek? 2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai tasamuh di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek? 3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam menanamkan nilai tasamuh di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik kredibilitas meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, member check, dan peer debriefing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Akidah Akhlak sangat strategis dalam menanamkan nilai tasamuh. 1) Sebagai pendidik, guru menyusun pembelajaran yang efektif dengan mengintegrasikan ceramah, diskusi, dan studi kasus untuk memfasilitasi pemahaman siswa tentang toleransi. 2) Sebagai pembimbing, guru memberikan pendampingan moral dan sosial kepada siswa, untuk menghargai perbedaan. 3) Sebagai teladan, guru menunjukkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari, memperlihatkan empati, menghargai perbedaan, dan mengendalikan emosi, sehingga siswa dapat meniru sikap tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212174 FARID REZKY ANANTA |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 08:23 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 08:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |