PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SDIQu AL-BAHJAH 03 KARANGREJO TULUNGAGUNG

DIANA FITRIA, 2817133034 (2017) PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SDIQu AL-BAHJAH 03 KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (616kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung” di tulis oleh Diana Fitria, NIM 2817133034, Pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Metode Muraja’ah, Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya lembaga maupun sekolah dasar yang memperhatikan para huffadz, termasuk SDIQu Al-Bahjah 03 karangrejo. Di SDIQu Al-Bahjah 03 karangrejo, kegiatan menghafal Al-Qur’an menjadi program unggulan bukan ekstrakurikuler seperti sekolah lainnya. Karena disini menghafal Al-Qur’an waktunya disamakan dengan waktu pelajaran umum. Lulusan sekolah ini dapat menghafal juz 30 dan juz 1-9. Dalam pembelajaran tahfidz disini menggunkan metode muraja’ah agar hafalan santri tetap terjaga dan terpelihara dengan baik yakni dari segi tajwid maupun makhrajnya dan mempertajam hafalan yang baru maupun yang lama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimana penerapan metode muraja’ah di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung? (2) apa saja kendala-kendala dalam penerapan metode muraja’ah di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung? (3) bagaimana hasil dari penerapan metode muraja’ah di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode muraja’ah di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan metode muraja’ah di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung. (3) Untuk mengetahui hasil dari penerapan metode muraja’ah di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dimana peneliti bertindak sebagai instrumen atau kunci. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari Person (Manusia), Place (tempat), dan Paper (kertas) yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang digunakan adalah observasi partisipan pasif, dimana peneliti datang ke tempat hanya mengamati dan tidak ikut terlibat dalam kegiatan. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing/ Verivikasi/ penarikan kesimpulan, sebagaimana dikemukakan oleh Miles and Huberman. Untuk pengecekan keabsahan data; peneliti menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan dari metode muraja’ah di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung yaitu: muraja’ah hafalan bersama-sama dan disemak ustadzah, muraja’ah hafalan dengan temannya sebelum disetorkan kepada ustadzah, setoran muraja’ah hafalan baru dan lama dengan ustadzahnya, ujian mengulang hafalan. (2) kendala-kendala dari penerapan metode muraja’ah di SDIQu Al-bahjah 03 Karangrejo Tulungagung yaitu: peserta didik tidak fokus, peserta didik malas, dan kondisi lingkungan. (3) hasil dari penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung yaitu: para santri telah mencapai target hafalan yang diprogramkan di sekolah ini, hafalan menjadi lebih fashih, tartil dan lancar. Santri mampu mempercepat hafalannya dibandingkan dengan yang tidak muraja’ah. Selain itu, hafalan santri menjadi baik, benar sesuai makhraj dan tajwidnya, lebih kuat baik hafalan baru maupun hafalan yang lama. Dengan melihat buku prestasi yang digunakan santri muraja’ah setiap hari membuktikan bahwa mayoritas santri hafalannya bagus, baik dan benar baik segi makhraj dan tajwidnya dan hafalannya juga fashih, tartil dan lancar. Santri mampu melakukan ujian muraja’ah dengan dengan semangat, dan mendapatkan nilai yang bagus untuk laporan penilaian hasil belajar program unggulan Tahfidzul Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133034 DIANA FITRIA
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:43
Last Modified: 28 Sep 2017 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item View Item