PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRESTASI BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ULFA TOBIBATUL UMMAH, 2817133195 (2017) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRESTASI BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Ulfa Tobibatul Ummah, dengan judul “Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Sokip. M.Pd.I Kata Kunci : Model, Snowball Throwing, Hasil Prestasi Belajar Fiqih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran fiqih di SDI Miftahul Huda ini masih terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran, antara lain : 1) Adanya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran fiqih kurang bervariatif, misalnya guru cenderung mengunakan metode ceramah,tanya jawab dan diskusi. Adakalanya siswa merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar, 2) Perolehan hasil prestasi belajar fiqih beberapa siswa kelas IV yang masih dibawah KKM sekolah yaitu 75. Hal ini juga disampaikan oleh guru mata pelajaran fiqih yang bersangkutan. Bawasanya prestasi belajar siswa khususnya kelas IV pada mata pelajaran fiqih masih rendah. Oleh karena itu pada penelitian tindakan kelas ini mencoba mengatasi rendahnya prestasi belajar siswa dengan menerapkan model Snowball Throwing dalam pembelajaran fiqih. Model Snowball Throwing ini memiliki berbagai kelebihan yang akan meningkatkan kemampuan berfikir anak, sehingga pemahaman siswa akan bertambah. Kelebihan ini akan dapat mengatasi permasalahan yang ditemukan pada siswa IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1)Apakah model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran fiqih materi zakat dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menangkap informasi dan menyampaikan informasi pada peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 2)Bagaimana penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran fiqih materi zakat peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 3)Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi zakat melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian tersebut adalah : 1)Untuk mendiskripsikan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran fiqih materi zakat meningkatkan pemahaman siswa dalam menangkap informasi dan menyampaikan informasi pada peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, 2)Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran fiqih materi zakat peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, 3)Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi zakat melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan keaktifan belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi : 1)Tahap perencanaan(plan), 2)Tahap pelaksanaan(act), 3)Tahap observasi(obsever), 4)Tahap refleksi(reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar fiqih peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan siswa sangat antusias dan mempunyai semangat tinggi dalam belajar, sehingga siswa tidak malu bertanya dan siswa mampu menangkap informasi dan mampu menyampaikan informasi. Di samping itu peneliti juga menggunakan Snowball Throwing sesuai dengan langkah-langkah sebagai berikut :1)Guru menyampaikan materi yang akan disajikan, 2)Guru meminta peserta didik membentuk kelompok dan memangil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi, 3)Masing-masing ketua kelompok kembali kekelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya, 4)Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok, 5)Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu peserta didk kepeserta didik lain selama ± 15 menit, 6)Setelah dapat satu bola diberikan kesempatan kepada peserta didk untuk menjawab pertaanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian, 7) Evaluasi, 8) Penutupan. Selain itu dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awal Pre Test hinggasiklus II yaitu, hasil berlajar siswa pada Pre Test(22,7%), siklus I (55,5%), siklus II (94,4%). Berdasarkan paparan data, temuan peneliti, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar fiqih peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133195 ULFA TOBIBATUL UMMAH
Date Deposited: 28 Sep 2017 08:04
Last Modified: 28 Sep 2017 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6158

Actions (login required)

View Item View Item