PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KONSEP GEOMETRI KELAS IX MTsN 1 TULUNGAGUNG

SAFIRA ADILLA SHAQINAH, 126204212125 and UMMU SHOLIHAH, 198008222008012018 (2025) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KONSEP GEOMETRI KELAS IX MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Shaqinah, Safira Adilla. 2025. Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Konsep Geometri Kelas IX MTsN 1 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, Geometri Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Salah satu penyebab utama rendahnya kemampuan berpikir kreatif adalah model pembelajaran yang kurang sesuai dengan kebutuhan siswa yang bersifat satu arah dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi serta merangsang siswa untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematis. Model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika dapat dijadikan sebagai pendekatan yang relevan, karena mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari serta mengintegrasikan unsur kebudayaan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif konsep geometri kelas IX MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif konsep geometri kelas IX MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain the non-equivalent posttest-only control group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 338 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas IX H sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji t (independent sample t-test) dan uji cohen’s d effect size untuk menghitung seberapa besar pengaruh yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif konsep geometri kelas IX MTsN 1 Tulungagung. (2) Besar pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika sebesar 1,68 atau dalam persentase (%) sebesar 94,5% terhadap kemampuan berpikir kreatif konsep geometri kelas IX MTsN 1 Tulungagung yang termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Matematika > Etnomatematika
Matematika > Geometri
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212125 SAFIRA ADILLA SHAQINAH
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:42
Last Modified: 02 Sep 2025 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61583

Actions (login required)

View Item View Item