SAFIRA ADILLA SHAQINAH, 126204212125 and UMMU SHOLIHAH, 198008222008012018 (2025) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KONSEP GEOMETRI KELAS IX MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Shaqinah, Safira Adilla. 2025. Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Konsep Geometri Kelas IX MTsN 1 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, Geometri Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Salah satu penyebab utama rendahnya kemampuan berpikir kreatif adalah model pembelajaran yang kurang sesuai dengan kebutuhan siswa yang bersifat satu arah dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi serta merangsang siswa untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematis. Model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika dapat dijadikan sebagai pendekatan yang relevan, karena mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari serta mengintegrasikan unsur kebudayaan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif konsep geometri kelas IX MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif konsep geometri kelas IX MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain the non-equivalent posttest-only control group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 338 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas IX H sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji t (independent sample t-test) dan uji cohen’s d effect size untuk menghitung seberapa besar pengaruh yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif konsep geometri kelas IX MTsN 1 Tulungagung. (2) Besar pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika sebesar 1,68 atau dalam persentase (%) sebesar 94,5% terhadap kemampuan berpikir kreatif konsep geometri kelas IX MTsN 1 Tulungagung yang termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Matematika > Etnomatematika Matematika > Geometri Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212125 SAFIRA ADILLA SHAQINAH |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 02:42 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 02:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |