RESEPSI MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF PADA SERIAL DRAMA “PAY LATER”

FIRDA ZAHROTUN NISA, 126304213181 and AMINATUL UMMAH, 1992091120181025 (2025) RESEPSI MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF PADA SERIAL DRAMA “PAY LATER”. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (744kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Resepsi Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung terhadap Gaya Hidup Konsumtif pada Serial Drama Pay Later” ini ditulis oleh Firda Zahrotun Nisa, NIM.126304213181, dengan pembimbing Aminatul Ummah, M.Pd. Kata Kunci: Resepsi, Gaya Hidup Konsumtif, Stuart Hall, Serial Drama, Pay Later. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya fenomena gaya hidup konsumtif di kalangan generasi muda, khususnya mahasiswa, sebagai akibat dari perkembangan teknologi dan media digital. Pengaruh konten media sosial, paparan iklan dan tren belanja daring telah mendorong pola konsumsi yang cenderung impulsif dan tidak terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk menggali resepsi mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung terhadap gaya hidup konsumtif pada tayangan di media visual terutama pada serial drama Pay Later. Selain itu untuk mengetahui faktor atau alasan informan yang mempengaruhi resepsi pada tayangan serial drama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi Stuart Hall yang membagi posisi audiens dalam tiga kategori yaitu dominan-hegemonig, negotiated dan oppositional, dengan melakukan wawancara mendalam pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang sudah menonton serial drama Pay Later dan mengetahui penggunaan layanan pay later. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memberikan tanggapan yang beragam sesuai dengan pengalaman pribadi mereka. Informan yang berada pada posisi dominan, artinya ia menyetujui pesan yang disampaikan. Informan yang berada pada posisi oposisi, artinya mereka menolak. Dan informan yang berada pada posisi negosiasi, artinya mereka mempunyai pandangan tersendiri. Sementara faktor yang mempengaruhi resepsi mereka adalah faktor internal (pengalaman dan keyakinan diri) dan faktor eksternal (lingkungan sosial, keluarga, teman).

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304213181 FIRDA ZAHROTUN NISA
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:51
Last Modified: 02 Sep 2025 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61591

Actions (login required)

View Item View Item