ANDINI MARCHELINA SARI, 126208212055 and ALI AMIRUL MU’MININ, 198504262023211016 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMA DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (778kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Keterampilan Kerjasama dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X pada Materi Ekosistem”, ini ditulis oleh Andini Marchelina Sari, NIM. 126208212055, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata kunci: Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keterampilan Kerjasama, Pemahaman Konsep Siswa, Ekosistem. Pembelajaran Biologi di sekolah tidak hanya menekankan pada penguasaan konsep secara kognitif, tetapi juga mengharuskan siswa memiliki keterampilan sosial seperti kemampuan kerjasama dalam kelompok. Rendahnya keterampilan kerjasama dan pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem yang menjadi masalah padahal materi ekosistem menuntut siswa untuk memahami keterkaitan antar komponen ekosistem serta kerjasama dalam memecahkan masalah lingkungan secara kelompok. Namun, dalam praktiknya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep secara mendalam dan kurang aktif dalam kerjasama. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), yang menekankan kerjasama tim, tanggung jawab individu, dan keberhasilan kelompok. Model ini diyakini mampu meningkatkan kerjasama siswa dan memperkuat pemahaman konsep yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap keterampilan kerjasama siswa kelas X pada materi ekosistem. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap pemahaman konsep siswa kelas X, serta 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kedua variabel tersebut secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design dengan tipe Posstest only control group design. Sampel penelitian kelas X-10 sebagai kelas eksperimen dan X-11 sebagai kelas kontrol, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket keterampilan kerjasama dan tes pemahaman konsep siswa yang telah tervalidasi. Analisis data yang digunakan yaitu Uji T (Independent sample t-test) dan Uji Manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berpengaruh terhadap keterampilan kerjasama siswa dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,035 < 0,05. 2) Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. 3) Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berpengaruh terhadap keterampilan kerjasama dan pemahaman konsep siswa dengan memperoleh nilai signifikansi masing-masing keterampilan kerjasama sebesar 0,035 < 0,05 dan pemahaman konsep materi sebesar 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Ekosistem Biologi > Hewan Biologi > Lingkungan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212055 ANDINI MARCHELINA SARI |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:22 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 03:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |