MELANI SILFIA FITRIANI, 126204212117 and UMMU SHOLIHAH, 198008222008012018 (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) KELAS VII MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (648kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Fitriani, Melani Silfia. 2025. Pengaruh Pembelajaran Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) kelas VII MTsN 3 Blitar. Skripsi Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Pembelajaran, Literasi Numerasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Persamaan Linear Satu Variabel ( PLSV) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu penyebab utama dari hal tersebut adalah literasi numerasi siswa yang masih kurang dan tergolong rendah. Hal ini dapat kita lihat dari hasil survei penilaian PISA tahun 2022 yang menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-71 dan 81 negara peserta PISA dalam bidang sains. Penyebab dari rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa ini, juga disebabkan oleh literasi numerasi siswa yang masih sangat kurang. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran dengan berbasis penerapan literasi numerasi disekolah. Yang diharapkan mampu mendorong siswa untuk berlatih dengan penerapan literasi numerasi itu dapat merangsang siswa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Penerapan Pembalajaran dengan berbasis Literasi Numerasi ini dapat dijadikan salah satu upaya yang kiranya akan relevan, karena mengitkan masalah matematika dalam keidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variable (PLSV) Kelas VII MTsN 3 Blitar. (2) Untuk mengetahui besar Pengaruh Pembelajaran Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variable (PLSV) Kelas VII MTsN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuatitatif dengan jenis penelitian quasy eksperiment dengan desain the non-equivalent posttest-only kontrol group. Variable bebas dalam penelitian ini adalah Literasi Numerasi da Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTN 3 Blitar yang berjumlah 351 siswa. Dengan sampel yang digunakan yaitu terdapat dua kelas. Yaitu kelas VII E sebagai kelas Eksperimen sebanyak 36 siswa, dan kelas VII F sebagai kelas Kontrol sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakn tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t (Independent Sample t-test) dan uji Cohen’s d effect size untuk menghitung seberapa besar pengaruh yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa (1) ada Pengaruh Pembelajaran Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variable (PLSV) kelas VII MTsN 3 Blitar. (2) besar Pengaruh Pembelajaran Literasi Numerasi sebesar 1,082 atau dalam presentase (%) sebesar 86% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variable (PLSV) kelas VII MTsn 3 Blitar dengan kategori tinggi atau besar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika > Linear Matematika Matematika > Variabel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212117 MELANI SILFIA FITRIANI |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:40 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |