PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

NIKMATUL MAGFIROH, 126201212195 and SUWARNO, 197507172014031001 (2025) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (638kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fikih untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Nikmatul Magfiroh, NIM. 126201212195, Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing/promotor Dr. H. Suwarno, M. Pd. I., NIP. 197507172014031001 Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fikih, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran fikih, yang masih sering disampaikan melalui metode ceramah yang bersifat satu arah dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Padahal, fikih memuat banyak materi praktis seperti wudhu, tayamum, salat, dan penyelenggaraan jenazah yang menuntut pemahaman melalui pengalaman langsung. Ketidaksesuaian metode pembelajaran dengan karakteristik materi membuat peserta didik kesulitan memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan penerapan metode yang tepat, salah satunya adalah metode demonstrasi. Fokus penelitian dari skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih di MTsN 4 Tulungagung?, (2) Bagaimana minat belajar peserta didik dalam pembelajaran fikih pada penerapan metode demonstrasi di MTsN 4 Tulungagung?, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fikih di MTsN 4 Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih di MTsN 4 Tulungagung, (2) Minat belajar peserta didik dalam penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fikih di MTsN 4 Tulungagung, dan (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode demonstrasi di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui proses kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Metode demonstrasi dilaksanakan dengan memperagakan langsung praktik ibadah yang kemudian diikuti oleh siswa. Metode ini membuat pembelajaran lebih konkret dan mudah dipahami. (2). Minat belajar peserta didik meningkat yang ditunjukkan dengan partisipasi aktif, rasa ingin tahu, serta perhatian yang tinggi selama pembelajaran berlangsung. (3). Faktor pendukung dalam penerapan metode ini meliputi kebijakan madrasah, ketersediaan fasilitas praktik, dan kesiapan guru serta peserta didik. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dan jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas, sehingga guru kesulitan memberikan perhatian merata.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126201212195 NIKMATUL MAGFIROH
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:36
Last Modified: 18 Sep 2025 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61684

Actions (login required)

View Item View Item