KHABIBATIFARAH KHUMAEROH, 126310211012 and ARIN PRAJAWINANTI, 199001202019032013 (2025) STRATEGI PENDIDIKAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP KONTEKS KEISLAMAN DI PESANTREN RAUDLATUL MUSTHOFA REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pendidikan Literasi dalam Pembelajaran Kitab Kuning untuk meningkatkan Pemahaman Santri terhadap Konteks Keislaman di Pesantren Raudlatul Musthofa” ini ditulis oleh Khabibatifarah Khumaeroh, NIM. 126310211012, dengan pembimbing Arin Prajawinanti, S.Sos., M.A. Kata Kunci : Kitab Kuning, Pemahaman Keislaman, Pesantren, Strategi Pendidikan Literasi Penelitian ini mengkaji strategi pendidikan literasi dalam pembelajaran kitab kuning untuk meningkatkan pemahaman santri terhadap konteks keislaman di Pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya literasi dalam memahami kitab kuning sebagai sumber utama ilmu keislaman, di tengah kendala rendahnya penguasaan bahasa Arab di kalangan santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi literasi yang diterapkan oleh ustadz serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi literasi kitab kuning dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, ustadz menyusun materi secara sistematis berdasarkan jenjang dan kemampuan santri. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui metode sorogan, bandongan, wetonan, dan musyawarah. Evaluasi mencakup aspek kognitif dan pembentukan sikap keislaman santri. Kendala yang dihadapi meliputi rendahnya kemampuan membaca Arab-Pegon. Kendala tersebut diatasi melalui bimbingan tambahan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 126310211012 KHABIBATIFARAH KHUMAEROH |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:28 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |