WILDANA MASLUKI, 126208212051 and ENI SETYOWATI, 197605062006042002 (2025) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTs Ma’arif Bakung Udanawu” ini ditulis oleh Wildana Masluki NIM 126208212051. Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,M.M. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Klasifikasi Makhluk Hidup Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya keterampilan berpikir kritis karena menjadi salah satu kompetensi dalam pembelajaran abad 21, terutama dalam mata pelajaran sains. Fakta yang sering dijumpai adalah siswa hanya mampu menjawab soal secara singkat dan langsung pada inti jawaban, tanpa memberikan alasan, penjelasan, atau argumentasi pendukung yang menunjukkan proses berpikir mendalam. Ketika diberikan pertanyaan yang menuntut penalaran atau analisis, sebagian siswa tampak kesulitan menyusun jawaban secara runtut. Berdasarkan kondisi tersebut, diperlukan adanya analisis terhadap keterampilan berpikir kritis siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan mereka, sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengembangkan bentuk pembelajaran yang lebih relevan dan mendukung pencapaian kompetensi siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII yang memiliki kemampuan akademik tinggi di MTs Ma’arif Bakung Udanawu. 2) Untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII dengan kemampuan akademik sedang di MTs Ma’arif Bakung Udanawu. 3) Untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII dengan kemampuan akademik rendah di MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuh MTs Ma’arif Bakung Udanawu yaitu 3 siswa dengan kemampuan akademik tinggi, 3 siswa dengan kemampuan akademik sedang, dan 3 siswa dengan kemampuan akademik rendah. Metode pengumpulan data menggunakan pengumpulan data (Data Collectioon), reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan verifikasi (Conclution drawing). Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti, triangulasi sumber dan metode, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Siswa dengan kemampuan akademik tinggi dapat memenuhi empat indikator berpikir kritis, yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat penjelasan sederhana, membuat kesimpulan. 2) Siswa dengan kemampuan akademik sedang, memenuhi tiga indikator berpikir kritis, yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat penjelasan lebih lanjut. 3) Siswa dengan kemampuan akademik rendah, memenuhi satu aspek keterampilan berpikir kritis, yaitu memberikan penjelasan sederhana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212051 WILDANA MASLUKI |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:54 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |