دراسة مقارنة لقدرة مهارة الكتابة لطلاب متخرجين من المدرسة الإبتدائية الحكومية ولطلاب متخرجين من المدرسة الإبتدائية الإسلامية في الفصل السابع المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 5 تولونج أجونج

SALMA FIKRIA, 126202212043 and RIHKLATUL ILMIAH, 197906022005012003 (2025) دراسة مقارنة لقدرة مهارة الكتابة لطلاب متخرجين من المدرسة الإبتدائية الحكومية ولطلاب متخرجين من المدرسة الإبتدائية الإسلامية في الفصل السابع المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 5 تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (669kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (645kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ilmiah dengan judul “Studi Komparasi Kemampuan Maharah Kitabah antara Siswa Alumni SD dan Siswa Alumni MI pada Kelas 7 MTsN 5 Tulungagung” yang ditulis oleh Salma Fikria. NIM 126202212043. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pengampu Dr. Rihklatul Ilmiah. M.Pd. Kata kunci: Maharah Kitabah. Alumni SD. Alumni MI Terdapat perbedaan kemampuan maharah kitabah siswa Alumni MI lebih tinggi dari siswa yang Alumni SD. Hal ini dikarenakan latar belakang siswa yang berbeda. Namun Meskipun di sekolah mereka yang dulu sudah diperkenalkan dasar-dasar bahasa Arab akan tetapi masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam maharah kitabah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai hasil belajar kemampuan maharah kitabah siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI kelas 7 di MTsN 5 Tulungagung. (2) untuk mengetahui perbedaan kemampuan maharah kitabah siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI kelas 7 di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif berupa pre test dan post test. Dengan teknik pengumpulan data tes, dokumentasi dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 MTsN 5 Tulungagung dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Nilai hasil belajar keterampilan menulis (maharah kitabah) siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) kelas VII di MTsN 5 Tulungagung mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan pembelajaran yang sama. Hal ini ditunjukkan dengan Siswa lulusan MI menunjukkan rata-rata nilai pre-test sebesar 66,67 dan meningkat menjadi 83,23 pada post-test. Sementara itu, siswa lulusan SD memiliki rata-rata nilai pre-test sebesar 67,00 yang meningkat menjadi 77,28 pada post-test. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan kemampuan maharah kitabah antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD. Berdasarkan analisis nilai normalized gain (n-gain), rata-rata peningkatan siswa lulusan MI adalah 48,45, sedangkan siswa lulusan SD sebesar 30,92. Hasil uji statistik independent samples t-test menunjukkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,003, yang mengindikasikan bahwa perbedaan peningkatan antara kedua kelompok signifikan secara statistik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202212043 SALMA FIKRIA
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:54
Last Modified: 09 Sep 2025 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61861

Actions (login required)

View Item View Item