NUR IMAMATUS SHALEHAH, 126204202115 and MISWANTO, 198508272011011006 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MBI MAMBAUL FALAH BAWEAN GRESIK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs MBI Mambaul Falah Bawean Gresik” Ini ditulis oleh Nur Imamatus Shalehah, NIM. 126204202115, pembimbing: Dr. Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Open Ended, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang mempunyai motivasi rendah dalam belajar matematika sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan mudah putus asa dalam menyelesaikan tugas Dengan rendahnya motivasi belajar siswa akan mengakibatkan hasil belajar yang menurun. Oleh karena itu, motivasi dapat ditingkatkan salah satunya dengan memberikan berbagai model pembelajaran yang lebih variatif sehingga siswa tidak bosan dengan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas, salah satu model pembelajaran yang dapat digunaan yaitu model pembelajaran open ended. Model pembelajaran open ended dianggap dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model open ended terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs MBI Mambaul Falah. (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran open ended terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs MBI Mambaul Falah. (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran open ended terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs MBI Mambaul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitain eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII, sementara sampel penelitian ini kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Dimana sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Analisis data dengan menggunakan uji t-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran open ended terhadap motivasi belajar siswa pada kelasa VIII MTs MBI Mambaul Falah Bawean Gresik. Kesimpulan ini di dapat dari nilai signifikasi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran open ended terhadap hasil belajar siswa pada kelasa VIII MTs MBI Mambaul Falah Bawean Gresik. Kesimpulan ini di dapat dari nilai signifikasi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran open ended terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelasa VIII MTs MBI Mambaul Falah Bawean Gresik. Kesimpulan ini di dapat dari nilai signifikasi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202115 NUR IMAMATUS SHALEHAH |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |