MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Anharul Ulum Soko Plumpungrejo Kademangan Kabupaten Blitar dan Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimat Dawuhan Kauman Kepanjenkidul Kota Blitar)

MOHAMMAD KANZUL FATHON, 1890501220004 and AGUS EKO SUJIANTO, 197108072005011003 and SULISTYORINI, 196512152003122001 (2025) MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Anharul Ulum Soko Plumpungrejo Kademangan Kabupaten Blitar dan Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimat Dawuhan Kauman Kepanjenkidul Kota Blitar). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Disertasi dengan Judul Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Minat Masyarakat (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Anharul Ulum Soko Plumpungrejo Kademangan Blitar dan Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimat Dawuhan Kauman Kepanjenkidul Kota Blitar) yang ditulis oleh Mohammad Kanzul Fathon dengan dibimbing oleh Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. dan Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Pondok Pesantren, minat masyarakat Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh fenomena pada masa sekarang ini, kajian mengenai manajemen pesantren sangat diperlukan untuk mengetahui hal-hal yang harus diperbaiki untuk meningkatkan minat masyarakat. Lembaga yang inovatif berpeluang untuk mengelola strategi jangka panjang. Pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana perumusan visi dalam meningkatkan minat masyarakat di Pondok Pesantren Anharul Ulum Soko Plumpungrejo Kademangan Blitar dan Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimat Dawuhan Kauman Kepanjenkidul Kota Blitar? 2) Bagaimana manajemen komunikasi dalam meningkatkan minat masyarakat di Pondok Pesantren Anharul Ulum Soko Plumpungrejo Kademangan Blitar dan Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimat Dawuhan Kauman Kepanjenkidul Kota Blitar? 3) Bagaimana penetapan target dalam meningkatkan minat masyarakat di Pondok Pesantren Anharul Ulum Soko Plumpungrejo Kademangan Blitar dan Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimat Dawuhan Kauman Kepanjenkidul Kota Blitar? 4) Bagaimana umpan balik dalam meningkatkan minat masyarakat di Pondok Pesantren Anharul Ulum Soko Plumpungrejo Kademangan Blitar dan Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimat Dawuhan Kauman Kepanjenkidul Kota Blitar? Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) analisis data kasus individu (individual case) dan (2) analisis data lintas situs (cross case analysis). Pengecekan keabsahan data dilakukan oleh peneliti dan didasarkan pada empat kriteria, yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) Perumusan visi dalam meningkatkan minat masyarakat dilakukan oleh pengurus yayasan, pakar pendidikan dan pihak luar pondok pesantren dalam merumuskan visi misi dengan pengadaan rapat untuk mengidentifikasi masalah sekaligus solusinya, merumuskan program dan rencana pengembangan lembaga, selalu melibatkan wali santri dalam segala kegiatan pondok seperti wisuda haflah akhirussanah dan lain-lain; mengoptimalkan dan memberdayakan wali santri, komite dan paguyuban serta masyarakat sekitar untuk turut serta berperan aktif memajukan lembaga; memberdayakan masyarakat sekitar dalam peningkatan layanan sekaligus pemberdayaan ekonomi. 2) Manajemen komunikasi dalam meningkatkan minat masyarakat dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat baik secara langsung dengan memanfaatkan event besar maupun kecil saat mengundang massa yang terdiri dari wali santri, para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah, dan masyarakat luas, memberikan keteladanan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka minat masyarakat akan meningkat; komunikasi tidak langsung melalui penyebaran brosur ke sejumlah wilayah sekitar dan perantara media sosial, Instagram, Facebook, Website dan sebagainya; penetapan tujuan dilakukan untuk membantu membentuk pribadi santri yang sholeh/sholihah, mandiri, mampu menciptakan lapangan pekerjaan (enterpreneur) di tengah-tengah masyarakat dan meningkatkan kompetensi santri dalam penguasaan hafalan Al-Qur’an, dapat meningkatkan minat masyarakat. 3) Penetapan target dalam meningkatkan minat masyarakat dilakukan dengan: pengembangan lembaga dari pondok salafi menjadi pondok terpadu yang dilengkapi fasilitas pendidikan formal yang mengharuskan santri wajib mukim dan santri melalui seleksi ketat untuk menjaga mutu pondok pesantren; Memberikan program pondok pesantren dan jurusan sekolah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan menetapkan jurusan sekolah atau program yang dibuat berdasarkan jajak pendapat dengan calon wali santri menginginkan sekolah sambil mondok dan menghafal al Qur’an; Melakukan analisis target pondok pesantren dalam meningkatkan minat masyarakat yaitu perspektif keuangan, perspektif kepuasan pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, 4) Umpan balik dalam meningkatkan minat masyarakat dilakukan dengan: mengoptimalkan forum komunikasi dengan wali santri saat sambangan ataupun acara besar; saat wawancara pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), wali santri dan calon santri dimintai saran dan masukan untuk perbaikan pengembangan pondok, wali dan santri dimintai keterangan tentang alasan dan motivasinya masuk pondok pesantren dan menyediakan group Whatsapp untuk komunikasi antara wali dengan pihak pondok.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim
Depositing User: 1890501220004 MOHAMMAD KANZUL FATHON
Date Deposited: 10 Sep 2025 04:24
Last Modified: 10 Sep 2025 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61882

Actions (login required)

View Item View Item