PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK

BADIA MA'RIFATU FARHANA, 126207212059 and HAFIDZ ROSYIDIANA, 198904292020121008 (2025) PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (761kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (684kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Badia Ma’rifatu Farhana, NIM. 126207212059. Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Pembimbing: Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya manajemen kesiswaan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, tertib, dan terarah, sehingga mampu meningkatkan semangat belajar, pencapaian akademik siswa serta mengatasi permasalahan rendahnya motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang terlihat dari berbagai perilaku siswa yang kurang disiplin dan kurang semangat dalam belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh manajemen kesiswaan terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Durenan?; (2) Bagaimana pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar peserta didik di SMAN 1 Durenan?; (3) Bagaimana pengaruh positif dan signifikan manajemen kesiswaan terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di SMAN 1 Durenan. Sedangkan, tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh manajemen kesiswaan terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Durenan.; (2) Untuk menganalisis pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar peserta didik di SMAN 1 Durenan; (3) Untuk menganalisis pengaruh yang positif dan signifikan manajemen kesiswaan terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di SMAN 1 Durenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Durenan kelas 12 yang berjumlah 213. Adapun teknik pengambilan sampel probability sampling di mana lebih spesifiknya adalah teknik simple random sampling sehingga diperoleh 55 siswa kelas 12 MIPA 3 dan 12 MIPA 6. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh antara manajemen kesiswaan terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000. Maka Thitung 0,000 < Ttabel 0,05. Selain itu, diperoleh nilai Thitung sebesar 5,014. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai Ttabel sebesar 1,674, maka 5,014 > 1,674. Sehingga pada pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dengan pengaruh sebesar 32,2%, sementara sisanya 67,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel ini. (2) Tidak terdapat pengaruh antara manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikan sebesar Thitung 0,745. Maka Thitung 0,745 > Ttabel 0,05. Selain itu, diperoleh nilai Thitung sebesar -0,326. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai Ttabel sebesar 1,674, maka Thitung -0,326 < Ttabel 1,674. Sehingga pada pengujian ini menunjukkan bahwa H0 diterima dengan pengaruh sebesar 0,2%, sementara sisanya 99,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model ini. (3) Terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara manajemen kesiswaan terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan uji MANOVA dengan nilai signifikansi adalah 0,000 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212059 BADIA MA'RIFATU FARHANA
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:50
Last Modified: 15 Sep 2025 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61966

Actions (login required)

View Item View Item