Rahma, Umi Aulia (2014) Pengaruh Pengamalan Ajaran Islam Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMAN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
Bagian depan.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pengamalan Ajaran Islam, Kecerdasan Emosional Skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jiwa pada remaja mulai bergejolak-gejolak dengan apa yang dialaminya dalam kehidupannya dan pada pergaulannya. Apabila perkembangan jiwa remaja yang bergejolak itu tidak disertai dengan bekal agama yang ada pada dirinya maka akibatnya akan berbahaya. Karena peran agama dalam perkembangan jiwa pada remaja ini penting maka harus disertai dengan perkembangan agama yang cukup, supaya emosi yang mencuat dari dalam dirinya dapat terkendali dan terkontrol oleh aturan-aturan yang mengikat dirinya sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh antara membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2013/2014? 2) Adakah pengaruh antara sholat dhuha terhadap kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2013/2014? 3) Adakah pengaruh antara PHBI terhadap kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh sholat Dhuha terhadap kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. 3) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh PHBI terhadap kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, populasinya 603 dan sampelnya 41, metode pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dengan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh antara membaca Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Emosional siswa di SMAN 1 Trenggalek yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung (10,686) > Ftabel (4,10). 2) Terdapat pengaruh antara shalat Dhuha dengan Kecerdasan Emosional siswa di SMAN 1 Trenggalek yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung (50,255) > Ftabel (4,10). 3) Terdapat pengaruh antara PHBI terhadap Kecerdasan Emosional siswa di SMAN 1 Trenggalek yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung (6,977) > Ftabel (4,10). Dengan persamaan regresi sebagai berikut: 1) membaca Al-Qur’an Y = 35,951+1,597X. 2) shalat Dhuha Y = 17,269+2,250X. 3) PHBI Y = 41,818+0,738X. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para civitas pendidikan khususnya di SMAN 1 Trenggalek, para siswa, tenaga pengajar khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama dalam memberi dorongan kepada para siswa agar senantiasa melaksanakan amalan ajaran Islam dengan baik. xiv
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Jan 2015 04:22 |
Last Modified: | 05 Jan 2015 04:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/620 |
Actions (login required)
View Item |