VEBRIANI SAPUTRI, 126206203078 and ZUN AZIZUL HAKIM, 19850930201431003 (2024) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (795kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Vebriani Saputri. 2024. Strategi Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: Tunagrahita, Kemampuan Bahasa, Strategi Komunikasi Komunikasi merupakan suatu interaksi yang perlu dilakukan di dunia pendidikan antara guru dan peserta didik guna tercapainya penyampaian informasi pembelajaran dengan efektif. TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut merupakan salah satu lembaga yang memiliki kelas inklusi dan diisi oleh anak anak berkebutuhan khusus salah satunya autisme. Perkembangan anak autisme memiliki perbedaan dengan anak pada umumnya, salah satunya keterlambatan berbicara. Oleh karena itu, diperlukan strategi guru untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak berkebutuhan khusus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi komunikasi guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak berkebutuhan khusus autis; (2) mendeskripsikan hambatan komunikasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak berkebutuhan khusus autis; (3) serta mendeskripsikan faktor penentu keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak berkebutuhan khusus autis di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif dengan peneliti sebagai sumber penghimpun data. Data diperoleh dari penelitian lapangan dengan objek penelitian guru dan anak autisme di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut Tulungagung yang terletak di Jalan Adil No. Lingkungan 10 Desa Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi yang selanjutnya di reduksi, disajikan dalam bentuk naratif, serta dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi yang digunakan guru terhadap anak berkebutuhan khusus yakni dengan menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal, serta memberikan penguatan positif. Strategi komunikasi oleh tim terapis yakni dengan komunikasi interpersonal untuk membangun hubungan yang kuat antara guru dengan siswa. Hambatan komunikasi yang sering muncul yakni dalam hal mengontrol perasaan siswa autis, serta peran orang tua yang kurang dalam mendukung program ini. Faktor penentu keberhasilan guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak berkebutuhan khusus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut Tulungagung yakni melalui pendekatan individual dengan mengetahui karakteristik siswa, kesabaran dan konsistensi guru dengan menciptakan metode pembelajaran yang kondusif, lingkungan belajar yang mendukung, pemahaman dan penerimaan dari lingkungan, serta kerjasama antara guru, orang tua, dan terapis yang baik
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Peserta Didik Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206203078 VEBRIANI SAPUTRI |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:44 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |