IMPLEMENTASI PROGAM MA'ARIF QUR'AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMP ISLAM WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK

ULFA ABDILLATUR ROHMAH, 126201212191 and SUWARNO, 197507172014031001 (2025) IMPLEMENTASI PROGAM MA'ARIF QUR'AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMP ISLAM WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana pembentukan karakter disiplin merupakan salah satu tujuan utama dalam pendidikan, terutama di lembaga pendidikan Islam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an secara rutin. Membaca Al-Qur’an tidak hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sebagai sarana menanamkan nilai-nilai positif, seperti kedisiplinan waktu, keteraturan, dan tanggung jawab. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada implementasi kegiatan membaca Al-Qur’an yang terdapat dalam progam Ma’arif Qur’an sebagai media pembentukan karakter disiplin siswa di lingkungan sekolah. Fokus penelitian dari skripsi ini adalah (1) Bagaimana Pelaksanaan Progam Ma’arif Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMP Islam Watulimo?. (2) bagaimana bentuk karakter disiplin siswa yang diperoleh melalui progam ma’arif qur’an di SMP Islam Watulimo, (3) Faktor apa yang mendukung dan menghambat progam Ma’arif Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMP Islam Watulimo?.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Pelaksanaan Progam Ma’arif Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMP Islam Watulimo, (2) Mendeskripsikan bentuk karakter disiplin siswa yang diperoleh melalui progam ma’arif qur’an di SMP Islam Watulimo, (3) Mendeskripsikan Faktor Pendukung Dan Penghambat Progam Ma’arif Qur’an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP Islam Watulimo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan alur tahapan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan verivifikasi. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan : (1) Pelaksanaan progam Ma’arif Qur’an di SMP Islam Watulimo dimulai sejak tahun 2018. Kegiatan dilaksanakan setiap hari, kecuali hari Jum’at. Dimulai dengan shalat dhuha berjama’ah, membaca do’a, dilanjutkan membaca Al-Qur’an bersama-sama menggunakan mikrofon secara bergilir dengan sistem tempat duduk istiqomah. (2) Bentuk Karakter disiplin siswa yang diperoleh melalui progam Ma’arif Qur’an adalah disiplin waktu, disiplin mengikuti kegiatan dengan tertib, melaksanakan tugas dengan baik, konsistensi membawa perlengkapan kegiatan, dan sikap sopan santun terhadap guru dan teman. (3) Faktor pendukung progam Ma’arif Qur’an Dalam Membetuk Karakter Disiplin siswa di SMP Islam Watulimo adalah tingginya komitmen sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter, adanya peran orang tua dan guru, serta antusiasisme siswa dalam mengikuti kegiatan dan faktor penghambat progam Ma’arif Qur’an Dalam Membetuk Karakter Disiplin siswa di SMP Islam Watulimo adalah keterbatasan tenaga pembimbing yang benar-benar kompeten dalam bidang Al-Qur’an serta kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang bervariasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212191 ULFA ABDILLATUR ROHMAH
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:38
Last Modified: 15 Sep 2025 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62024

Actions (login required)

View Item View Item