PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN WONODADI BLITAR

MUHAMAD RIDWAN, 2817133115 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Penerapan Model Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Ditulis oleh Muhamad Ridwan NIM 2817133115, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Jani, MM, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual dan Prestasi Belajar IPS. Dari hasil pengamatan awal di MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar selama dalam pembelajaran ditemukan bahwa terdapat peserta didik yang bermain sendiri, usil dengan temannya serta kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran. Sementara itu prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menunjukkan masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu dibawah 75. Disamping itu ditemukan bahwa pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Dalam penelitian ini peneliti melakukan inovasi pembelajaran yang belum pernah dilakukan sebelumnya yakni menggunakan model pembelajaran Kontekstual untuk mengatasi masalah tersebut yang secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas V MI Darussalam PikatanWonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model Kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar IPS melalui penerapan model Kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelas V MI Darussalam PikatanWonodadi Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian tersebut adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan model Kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. 2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar IPS melalui penerapan model Kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini meliputi: 1. Tahap perencanaan (Plan), 2. Tahap pelaksanaan (Action), 3.Tahap observasi (Observe), 4.Taha prefleksi (Reflecsion). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Sedangkan metode wawancara observasi dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), respon peserta didik dan keadaan peserta didik dan guru. Penerapan model Kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Model pembelajaran yang digunakan oleh peneliti dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V materi Koperasi adalah model pembelajaran Kontekstual. Adapun langkah-langkah dalam model pembelajaran Kontekstual antara lain: 1) Mengembangkan ppemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan barunya, 2) Melaksanakan sejauh mungkin kegiatan inquiri untuk semua topik, 3) Mengembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya, 4) Menciptakan masyarakat belajar, 5) Menghadirkan model sebagai contoh belajar, 6) Melakukan refleksi di akhir pertemuan, 7) Melakukan penialain yang sebenarnya dengan berbagai cara. Peningkatan prestasi belajar IPS melalui penerapan model Kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual, akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kontekstual yang diterapkan dapat menyelesaikan masalah peserta didik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang secara langsung juga dapat meningkatkan prestasi belajar peseta didik kelas V MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar mengalami peningkatan, mulai dari tes observasi awal, pada tes siklus I dan siklus II yaitu prosentase ketuntasan peserta didik pada tes observasi awal sebesar 15%, hasil prosentase ketuntasan peserta didik siklus I mengalami peningkatan menjadi 40%, kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu sebesar 100%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 2817133115 Muhamad Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:51
Last Modified: 04 Oct 2017 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6213

Actions (login required)

View Item View Item