PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN PUTRI NURUL HUDA TULUNGAGUNG

ZUMROTUS SAIDATUL CHOLIDAH, 126308212121 and ARINA HUSNA ZAINI, 199301162020122016 (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN PUTRI NURUL HUDA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (681kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Penyesuaian Diri pada Santri Baru di Pondok Pesantren Putri Nurul Huda Tulungagung" ini ditulis oleh Zumrotus Saidatul Cholidah, NIM. 126308212121, dengan pembimbing Ibu Arina Husna Zaini, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Konformitas Teman Sebaya, Penyesuaian Diri, Santri Baru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena tingginya tingkat kesulitan penyesuaian diri santri baru di Pondok Pesantren Putri Nurul Huda Tulungagung, yang ditandai dengan beberapa tantangan diantaranya yaitu gejala homesick, stres akademik, dan konflik interpersonal. Fenomena ini diduga terkait dengan rendahnya kecerdasan emosional (emotional quotient) dan tekanan konformitas teman sebaya yang dominan dalam lingkungan pesantren. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang Pengaruh signifikan kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya terhadap kemampuan penyesuaian diri santri baru. Rekomendasi strategis bagi pesantren dalam mengoptimalkan program mentoring dan bimbingan mental santri. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang diadaptasi dari: Skala Kecerdasan Emosional (adaptasi Salovey Mayer, 1990) Skala Konformitas Teman Sebaya (modifikasi dari Sears, Freedman, dan Peplau, 1989) Skala Penyesuaian Diri (modifikasi, Runyon & Haber, 1984). Sumber data yang diteliti adalah seluruh santri baru di Pondok Pesantren Putri Nurul Huda Tulungagung dengan sampel 40 responden yang merupakan sampling total. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri dengan nilai signifikansi (0,005 p<0,05) Selain itu, konformitas teman sebaya juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap penyesuaian diri dengan nilai signifikansi (0,040 p<0,05). Dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,158. Maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya mampu mempengaruhi penyesuaian diri pada santri baru dipondok pesantren putri nurul huda Tulungagung sebesar 15,8% dan 84,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dengan demikian, kedua variabel tersebut merupakan faktor penting dalam mendukung penyesuaian diri santri baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi klinis
Psikologi > Psikologi kognitif
Psikologi > Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308212121 ZUMROTUS SAIDATUL CHOLIDAH
Date Deposited: 17 Sep 2025 06:42
Last Modified: 17 Sep 2025 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62137

Actions (login required)

View Item View Item