PENERAPAN MEMBACA ASMAUL HUSNA SEBELUM MEMULAI PEMBELAJARAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMK DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

INDAH ASIH SULISTIA, 126201212129 and MUKHAMAD SUKUR, 2001058304 (2025) PENERAPAN MEMBACA ASMAUL HUSNA SEBELUM MEMULAI PEMBELAJARAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMK DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Membaca Asmaul Husna Sebelum Memulai Pembelajaran dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Indah Asih Sulistia, NIM. 126201212129, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Mukhamad Sukur, S.H.I., M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan, Membaca, Asmaul Husna, Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguatan nilai-nilai religius di kalangan pelajar yang saat ini menghadapi tantangan budaya global yang dapat mengikis akhlak dan karakter. Faktor penyebab diadakan kegiatan membaca Asmaul Husna salah satunya untuk memperkuat pendidikan karakter religius peserta didik. Kegiatan ini menjadi bentuk latihan batin agar peserta didik terbiasa memulai hari dengan menyebut dan merenungi nama-nama Allah yang agung. Salah satu upaya yang dilakukan pihak sekolah dengan membiasakan peserta didik untuk membaca Asmaul Husna secara bersama-sama sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses, kendala dan hasil dari penerapan membaca Asmaul Husna sebelum memulai pembelajaran dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Darussalam Campur darat Tulungagung. Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses membaca asmaul husna sebelum memulai pembelajaran dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung? (2) Bagaimana Kendala membaca asmaul husna sebelum memulai pembelajaran dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung? (3) Bagaimana dampak membaca asmaul husna sebelum memulai pembelajaran dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi berasal dari siswa dan guru pendidikan agama islam, waka kurikulum dan bapak kepala sekolah. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interakif yang di introdusir oleh Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses Membaca Asmaul Husna Sebelum Memulai Pembelajaran dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung yaitu Pertama, pelaksanaan membaca Asmaul Husna dilaksanakan setiap pagi sebelum KBM dimulai. Kedua, terdapat panduan teknis dari sekolah. Ketiga, Dilaksanakan secara bersama-sama (2) Kendala Dalam Penerapan Membaca Asmaul Husna Sebelum Memulai Pembelajaran Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung yaitu Pertama, Kedisiplinan yang kurang konsisten. Kedua, Adanya siswa yang belum lancar membaca. Ketiga, Pola pelaksanaan selalu sama tanpa ada inovasi. (3) Dampak Membaca Asmaul Husna Sebelum Memulai Pembelajaran Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung yaitu Pertama Membentuk kebiasaan ibadah yang dilakukan secara rutin. Kedua, Meningkatkan Kekhusyukan. Ketiga, Menumbuhkan akhlak terpuji. Keempat, Meningkatkan pemahaman dan wawasan peserta didik terhadap sifat-sifat allah yang menjadi teladan . Dengan demikian, pembacaan Asmaul Husna bukan hanya menjadi bagian dari rutinitas formal, tetapi juga sebagai pembentukan karakter religius yang integral dan berkelanjutan di lingkungan SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212129 INDAH ASIH SULISTIA
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:41
Last Modified: 19 Sep 2025 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62235

Actions (login required)

View Item View Item