MUHAMMAD AL FATIH, 1890501220021 (2025) SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Multisitus di MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang dan MA Perguruan Mualimat Jombang). [ Disertasi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
Abstract
Muhammad Al Fatih., NIM 1890501220021, Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Multisitus di MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang dan MA Perguruan Mualimat Jombang). Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor: (1) Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. (2) Prof. Dr. H. Asrop Syafi’i, M.Ag. Kata Kunci: Supervisi; Supervisi Akademik; Kompetensi Guru; Kepala Madrasah; Pendidikan Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi guru di dua lembaga pendidikan Islam, yaitu MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang dan MA Perguruan Mualimat Jombang. Fokus penelitian ini mencakup tiga aspek utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi multisitus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptifkomparatif, melalui analisis dalam situs dan lintas situs untuk menemukan pola supervisi yang kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kompetensi guru, baik pada aspek pedagogik, profesional, sosial, maupun kepribadian. Supervisi dilakukan melalui strategi pembinaan rutin, pelatihan internal, monitoring berkelanjutan, dan pemberian umpan balik konstruktif. Di MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng, supervisi dilaksanakan secara lebih terstruktur, dengan dukungan fasilitas dan dana yang memadai. Sementara di MA Perguruan Mualimat, pendekatan supervisi bersifat lebih fleksibel dan religius, meskipun menghadapi keterbatasan sarana. Perbedaan konteks budaya kelembagaan turut memengaruhi gaya supervisi yang diterapkan. Supervisi di Tebuireng berorientasi pada keteladanan dan pembinaan nilai, sedangkan di Mualimat lebih rasional dan terorganisir. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, sumber daya, dan pelatihan lanjutan bagi guru. Penelitian ini menegaskan pentingnya supervisi akademik yang bersifat kontekstual, partisipatif, dan berkelanjutan dalam pengembangan profesionalisme guru. Diperlukan sinergi antara Kepala Madrasah, guru, dan stakeholder untuk menciptakan sistem supervisi yang adaptif terhadap kebutuhan lembaga dan tantangan pendidikan modern.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
Depositing User: | 1890501220021 MUHAMMAD AL FATIH |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:20 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |