UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA DI TSANAWIYAH PIRAYA NAWIN KLONGHIN WITTAYA PATANI SELATAN THAILAND

NAJWA BENHAYISULAIMAN, 2811133303 (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA DI TSANAWIYAH PIRAYA NAWIN KLONGHIN WITTAYA PATANI SELATAN THAILAND. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (403kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (829kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Siswa di Tsanawiyah Piraya Nawin Klonghin Wittaya” ini ditulis oleh Najwa Benhayisulaiman, NIM 2811133303, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata kunci: Upaya guru, Nilai-nilai keagamaan Pada masyarakat sekarang majunya teknologi informasi dan komunikasi dalam transformasi pendidikan. Namun dibalik majunya teknologi informasi dan komunikasi dalam kemajuannya transformasi pendidikan tidak dapat menggantikan peran guru dalam pendidikan. Secanggih apapun teknologi yang digunakan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, peserta didik masih tetap membutuhkan sosok guru sebagai pemandunya. Peran seorang guru harus bisa dimanfaatkan dengan optimal untuk meminimalisasi efek negative yang berasal dari tantangan-tantangan. Sebagai seorang fasilitator dalam transformasi pengetahuan, guru juga hendaknya mampu mentransformasikan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik agar moral mereka tidak terkikis oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Berkaitan dengan hal tersebut maka saya melakukan penelitian di sekolah ini karena lembaga ini sudah termasuk lembaga yang berhasil menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada siswa. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaiman upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui kegiatan PHBI di Tsanawiyah Piraya Nawin Klonghin Wittaya Selatan Thailand?, 2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui kegiatan sholat jamaah di Tsanawiyah Piraya Nawin Klonghin Wittaya Selatan Thailand ?, 3) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui kegiatan pengajian kitab di Tsanawiyah Piraya Nawin Klonghin Wittaya Selatan Thailand ?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di Tsanawiyah Piraya Nawin Klonghin Wittaya Patani Selatan Thailand, 2) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui kegiatan sholat jamaah di Tsanawiyah Piraya Nawin Klonghin Wittaya Patani Selatan Thailand, 3) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui kegiatan pengajian kitab di Tsanawiyah Piraya Nawin klonghin Wittaya Patani Selatan Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif dengan tiga tahap adalah: (1) Reduksi data, (2) penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan perpanjang pengamatan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Adapun hasil penelitian yang telah tercapai bahwa : 1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui kegiatan PHBI adalah setiap tahun guru selalu mengadakan kegiatan peringatan hari besar Islam yaitu Maulid Nabi, Isra Mi’roj, Tahun baru Islam, hari Asyura dan Nisfu Sya’ban, melalui kegiatan ini siswa siswa jadi kurang mengikuti perayaan hari besar Non-Islam sehingga dapat menjalankan hubungan persaudaraan dan menambahkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. 2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui kegiatan sholat berjamaah adalah siswa di lembaga ini harus sholat berjamaah setiap lima waktu di Masjid, nilai-nilai yang dapat ditanamkan kepada siswa adalah kedisplinan, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 3) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa melalui kegiatan pengajian kitab adalah guru mengadakan pengajian kitab setiap malam keculai malam Jum’at, metode pengajian kitab adalah metode bandungan, dapat menanamkan nilai cinta terhadap ilmu agama dan memperkuatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133303 NAJWA BENHAYISULAIMAN
Date Deposited: 09 Nov 2017 06:49
Last Modified: 09 Nov 2017 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item